Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Ingin Meningkatkan Kualitas Tidur? Ini Caranya

Selasa 17 Oct 2017 18:40 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari

Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin mengalami masalah sulit tidur atau pun insomnia yang membuat tidak bisa tidur di malam hari. Hal itu pasti sangat mengganggu terutama bagi Anda yang harus bekerja maupun sekolah di pagi hari.

Bagaimana caranya agar meningkatkan kualitas tidur Anda? Dikutip Lifehack, untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah dengan berolahraga. Jika melakukannya dengan benar dan konsisten, maka bukan hanya berdampak terhadap kesehatan dan penampilan. Tapi juga akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik setiap malam.

Apa sebenarnya manfaat olahraga?

Selain memperindah penampilan, ada daftar panjang manfaat berolahraga, diantaranya peningkatan massa otot, penurunan lemak tubuh, tulang yang lebih kuat, sendi yang lebih keras, turunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan mood, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, sistem kekebalan lebih kuat, serta kualitas tidur yang lebih baik tidur.

Bila Anda berolahraga, Anda membiarkan tubuh bergerak seperti yang dirancangnya dan tubuh memberi penghargaan kepada Anda bukan hanya penampilan luar. Tapi juga mood yang meningkatkan bahan kimia yang membuat merasa baik dan memotivasi untuk melanjutkan aktivitas.

Olahraga juga membantu mengatur ritme sirkadian Anda yang terkait dengan pengendalian siklus tidur. Olahraga di siang hari dapat meningkatkan kewaspadaan siang hari dan kemudian mengantuk pada malam hari.

Kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Ketika harus menggunakan waktu terbaik, untuk melakukannya adalah saat di mana Anda paling mungkin melakukannya secara konsisten. Mungkin perlu beberapa waktu untuk memikirkan apa yang terbaik bagi Anda, karena program latihan terbaik adalah yang akan Anda lakukan.

Namun berolahraga di pagi hari bisa memperbaiki siklus tidur Anda. Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson telah meneliti masalah ini. Mereka menemukan wanita yang berolahraga di pagi hari rata-rata 70 persen lebih baik tidurnya daripada mereka yang melakukannya di malam hari.

Jika Anda akan berolahraga di malam hari, Anda tidak ingin melakukannya terlalu kuat karena Anda mungkin merasa sulit untuk melepas lelah. Karena tubuh Anda masih akan cukup waspada dan terhubung setelah berolahraga. Mungkin juga bisa melakukan olarhraga ringan seperti Yoga atau pun berjalan kaki.

Latihan apa yang harus Anda lakukan?

Ini kembali ke masalah konsistensi mengenai waktu terbaik bagi Anda untuk berolahraga. Latihan terbaik adalah latihan yang akan Anda lakukan. Idealnya Anda ingin menemukan apa yang paling menarik bagi Anda dan bahwa Anda cenderung bertahan melakukannya.

Jika Anda percaya latihan beban sangat penting, maka Anda akan mencoba memasukkannya ke dalam menu olahraga Anda. Tetapi beberapa menu olahraga yang mungkin dilakukan adalah berenang, hiking, CrossFit, pilates, yoga, tenis, dan lainnya.

Durasi yang baik untuk berolahraga sekitar 150 menit per pekan untuk memperbaiki kesehatan kardiovaskular. Atau bisa 30 menit sehari dari Senin sampai Jumat.

Jika Anda melakukan semua itu, maka Anda tidak hanya memperbaiki kesehatan Anda, tapi juga meningkatkan kualitas tidur Anda setiap malam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA