Selasa 10 Oct 2017 10:23 WIB

5 Makanan yang tak Buat Perut Buncit

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Buah nanas.
Foto: Flickr
Buah nanas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Problem perut yang membuncit lumrah dialami baik oleh pria atau wanita. Pola makan yang tidak sehat dan menyantap apapun yang ada di hadapannya tanpa pilih-pilih adalah salah satu akar penyebab perut gendut.

Dikutip dari laman Byrdie, Alissa Rumsey dari Alissa Rumsey Nutrition and Wellness mengatakan konsumsi garam, minuman berkarbonasi, dan alkohol sebaiknya dihindari. Ketiganya disebut berperan besar dalam menambah ukuran lingkar perut. Sebaliknya, ada lima jenis makanan yang sebaiknya disantap jika ingin perut terlihat tetap langsing.

Nanas

Makanan pertama yang harus disantap bagi pecinta perut langsing adalah nanas. Berdasarkan penelitian, nanas mengandung bromelain yang merupakan enzim yang bermanfaat dalam proses pencernaan. Bromelain membantu memecah protein dan menekan tanda-tanda kegemukan di perut.

Yogurt

Jika anda ingin mengecilkan perut dan memilih yogurt sebagai jawabannya, maka anda sudah melakukan hal yang benar. Rumsey merekomendasikan yogurt yang mengandung probiotik kultur hidup dan aktif. Karena, yogurt itu terbukti melancarkan pencernaan dan melunturkan tumpukan lemak di perut.

Protein

Salah satu alasan mengapa perut gendut adalah karena terlalu menyimpan banyak air. Jalan keluarnya yakni dengan mengonsumsi makanan diuretic alami untuk mengurangi kandungan air. Rumsey menyarankan konsumsi makanan tinggi protein seperti ayam, ikan, telur, yogurt, atau keju lembut.

Sauerkraut

Nama makanan ini masih asing bagi masyarakat Indonesia. Tapi jika menyebut acar kubis siapapun pasti paham. Ya, sauerkraut alias acar kubis baik dikonsumsi bagi mereka yang mendambakan perut rata. Kubis yang difermentasi membantu proses pencernaan berjalan efisien dan mengurangi gas dalam perut.

Pisang

Rumsey menerangkan garam menyebabkan penumpukan air dalam tubuh yang kemudian membuat perut buncit. Cara menyingkirkannya yakni dengan mengonsumsi pisang. Studi menunjukkan pisang kaya akan potasium yang menetralisir sodium yang dibawa oleh makanan-makanan asin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement