Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Mibyou Control, Rahasia Hidup Sehat Penduduk Jepang

Selasa 08 Aug 2017 08:34 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Kebiasaan hidup sehat membuat orang Jepang menjadi panutan dalam gaya hidup sehat.

Kebiasaan hidup sehat membuat orang Jepang menjadi panutan dalam gaya hidup sehat.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang kerap dinobatkan sebagai salah satu negara tersehat di dunia dengan harapan hidup yang tinggi. Salah satu rahasia hidup sehat ala Jepang ternyata berakar pada upaya pencegahan penyakit yang dikenal sebagai Mibyou Control.

Mibyou Control pada dasarnya diserap dari sebuah buku kedokteran Cina di masa lampau bernama Honzoukoumoku. Inti dari buku ini mengajarkan bahwa fokus terbaik dalam layanan kesehatan adalah pencegahan (Mibyou Control) bukan pengobatan.

"Honzoukoumoku ini diselesaikan pada sekitar 1545-1590," ungkap peneliti medis sekaligus ahli biokimia dan gizi Dr Yoshihisa Asano PhD DPH dalam diskusi kesehatan bersama Sugarlife di Jakarta, Senin (7/8).

Asano mencontohkan empat upaya Mibyou Control yang bisa diadopsi oleh siapapun demi menjaga kesehatan. Salah satu dari upaya Mibyou Control adalah mencegah obesitas.

Pencegahan obesitas dinilai sangat penting bagi kesehatan karena kondisi ini memiliki kaitan yang erat dengan beragam risiko penyakit tidak menular berbahaya. Obesitas bisa dicegah dengan cara menjaga keseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang dikeluarkan tubuh.

"Ketidakseimbangan energi (terlalu banyak makan) merupakan penyebab utama obesitas," tambah Asano.

Upaya Mibyou Control kedua yang diungkapkan Asano adalah mengontrol tekanan darah. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah adalah berhenti merokok dan mengurangi asupan garam.

Asano menambahkan, kontrol tekanan darah tidak hanya bergantung pada asupan garam saja. Asupan gula juga berpengaruh dalam upaya megontrol tekanan darah.

"(Membatasi) gula juga penting untuk mengontrol tekanan darah," kata Asano.

Upaya ketiga dalam Mibyou Control adalah mengontrol kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar LDL bisa dikontrol dengan cara mengurangi konsumsi lemak. Lemak yang berasal dari tumbuhan bisa menjadi alternatif pengganti lemak hewani. Salah satu lemak atau minyak nabati yang disarankan Asano adalah minyak zaitun.

"Mengontrol LDL sangat penting untuk menjaga kondisi pembuluh darah, karena bisa sebabkan stroke dan penyakit jantung," terang Asano.

Yang tak kalah penting adalah upaya keempat dalam Mibyou Control, yaitu olahraga. Asano mengatakan jalan kaki lebih banyak sudah cukup membantu dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Upaya ini tentu harus diiringi dengan meminum air putih lebih banyak.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA