Jumat 05 May 2017 08:56 WIB

Begini Cara Mengukur Tekanan Darah yang Tepat

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani
Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Foto: torange
Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk mengukur tekanan darah yang tepat ada tata caranya lho. Dr Siska Suridanda Danny SpJP, FIHA, dari Yayasan Jantung Indonesia mengatakan untuk mengukur tekanan darah posisi duduk harus bersandar dan rileks. Lengan diposisikan di atas meja, dengan ketinggian selevel dengan posisi jantung.

Gunakan manset dengan ukuran yang sesuai, posisi batas bawah manset sekitar 2,5 sentimeter diatas siku  kemudian dilakukan pengukuran tekanan darah tiga kali dengan selang waktu satu menit.

Peserta mengisi data pada form isian, tinggi badan dan berat badan diisi sesuai pengetahuan peserta, tidak perlu dilaukkan pengukuran dilokasi. Petugas mengisi dan memvalidasi hasil pengukuran tekanan darah. Petugas boleh menggunakan tensimeter digital yang terkalibrasi (dicatat sesuai yang tertera dilayar) maupun tensineter raksa (pembacaan tidak dibulatkan, angka genap).

"Nah dalam 15 menit sebelum dilakukan pengukuran tekanan darah, peserta tidak boleh merokok, minum alkohol dan konsumsi kafein seperti kopi, minuman bersoda dan minuman berenergi," jelasnya dalam konferensi pers peringatan hari hipertensi sedunia 2017 di Sekretariat Yayasan Jantung Indonesia, Rabu (3/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement