Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

6 Cara Alami Atasi Insomnia

Selasa 02 May 2017 14:54 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani

Insomnia

Insomnia

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini pil tidur menjadi sebuah bisnis besar, menurut data dari Centers for Disease Control, sekitar 1 dari 25 orang dewasa telah menggunakan resep obat tidur. Sedangkan menurut Consumer Reports, Amerika menghabiskan 41 miliar USD untuk bantuan tidur dan pemulihan pada 2015. Angka ini akan diperkirakan akan mencapai 52 miliar USD pada 2020.

Akan tetapi sebagian besar orang juga mencari solusi alami. Penggunaan suplemen melatonin, misalnya, lebih dari dua kali lipat di Amerika Serikat dari 2007 sampai 2012. Sementara bukti ilmiah untuk banyak pengobatan insomnia herbal dan alternatif paling tipis, ada beberapa solusi obat bebas yang telah dipelajari dengan baik oleh para ilmuwan.

Apabila untuk tertidur menjadi masalah yang terus berlanjut, penting untuk mengetahui dan mengatasi penyebabnya, kata Dr. Daniel Barone, ahli saraf di New York-Presbyterian dan Weill-Cornell Medicine. Sementara itu, pengobatan alternatif lainnya yang dilansir dari laman Time, Selasa (2/5) bisa membantu Anda kembali tidur lebih cepat.

1. Suplemen Melatonin
"Sejauh ini hal yang paling umum yang saya rekomendasikan kepada pasien adalah melatonin," kata Barone. Hormon, yang diproduksi oleh otak dalam persiapan tidur, juga tersedia dalam bentuk pil dan cairan, yang bisa Anda dapatkan di toko kesehatan atau apotek.

2. Akar valerian
Jika melatonin tidak bekerja, atau pasien tidak mau menerimanya, Barone menyarankan untuk mencoba akar valerian. Sebuah tinjauan 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyimpulkan bahwa, "Beberapa penelitian berkualitas tinggi melaporkan manfaat valerian untuk pasien insomnia sederhana".

3. Lavender
Sebuah penelitian pada 2016 yang dipublikasikan di jurnal Explore menemukan bahwa, mahasiswa yang menghirup aroma lavender sebelum tidur, mendapatkan tidur malam lebih nyenyak, dan lebih banyak energi di siang hari, dibandingkan dengan mereka yang menghirup plasebo. Studi pada populasi lain, termasuk wanita usia menengah dan pasien penyakit jantung, juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

4. Teh Chamomile
Ini dipasarkan sebagai minuman sebelum tidur karena suatu alasan: ramuan chamomile telah digunakan sebagai alat bantu tidur selama ribuan tahun. Sementara penelitian yang bagus mengenai efek chamomile pada tidur memang masih jarang terjadi.

5. Meditasi
"Saya adalah pendukung yang kuat untuk perhatian dan meditasi untuk relaksasi," kata Barone, yang merekomendasikan mematikan elektronik 30 sampai 60 menit sebelum tidur dan duduk dengan tenang, memusatkan perhatian pada musik lembut atau pernapasan dalam. "Dan jika seseorang terbangun di tengah malam, saya menyuruh mereka untuk melakukan sesi meditasi 10 sampai 15 menit juga," ujarnya.

6. Suara alam
Penelitian yang dipublikasikan awal tahun ini di jurnal Scientific Reports menemukan bahwa mendengarkan suara dari alam, seperti hutan hujan atau sungai, bisa memicu respon relaksasi di otak. Carilah mesin atau aplikasi  dengan pengaturan yang terinspirasi alam, atau pilih satu dengan opsi 'pink noise': Studi baru-baru ini, yang diterbitkan di Frontiers in Human Neuroscience, menunjukkan bahwa pink noise, campuran frekuensi yang terdengar lebih alami, juga bisa memperbaiki tidur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA