Kamis 13 Apr 2017 06:40 WIB

Dokter Bedah Plastik Paparkan Keinginan Aneh Pasiennya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Seorang wanita sedang memperhatikan iklan operasi plastik di Seoul, Korsel. Kecantikan dan paras paripurna adalah hal penting bagi kaum muda Korea termasuk di Jakarta..
Foto: EPA
Seorang wanita sedang memperhatikan iklan operasi plastik di Seoul, Korsel. Kecantikan dan paras paripurna adalah hal penting bagi kaum muda Korea termasuk di Jakarta..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis bedah plastik RSKB Bina Estetika, Menteng, dr Laksmi Achyati, SpBP-RE mengungkapkan  saat ini banyak pasien yang menginginkan  hal-hal aneh dilakukan saat operasi plastik. Misalnya mereka ingin memiliki bentuk tubuh layaknya seorang model internasional atau artis papan atas dunia seperti Jennifer Lopez dan Kim Kardhasian. Mereka juga terkadang ingin perutnya rata kembali bahkan sedikit berotot.

Mereka membawa gambar bentuk tubuh wanita idola mereka. Dan meminta dokter membuat bentuk tubuhnya seperti itu. Tidak sedikit pula dari mereka yang sudah menjejali diri dengan berbagai macam informasi dari Youtube.

"Di Indonesia pada umumnya harus bisa menjelaskan kalau Youtube, harus dijelaskan kemungkinan berhasil. Waktu prosedur cepat karena sudah diedit videonya," jelasnya dalam diskusi media di Jakarta belum lama ini.

Ia mengatakan selain menjelaskan mengenai prosedur operasi, efek samping dan lainnya, dokter juga bisa menolak permintaan aneh pasien. Beberapa kali dokter Laksmi pernah menolak pasien yang ingin melakukan sedot lemak seluruh tubuh. Padahal itu tidak mungkin  langsung dilakukan serentak. Harus dilakukan per bagian. "Saking pengen instan. Sekalian pengen sakit. Negosisasi dengan pasien karena risiko begini. Kalau mau bertahap. Perlunya konsultasi sebelum operasi. Tidak masalah jika mereka tidak jadi operasi. Yang penting aman," ujarnya.

Contoh lainnya, misalnya pasien ingin  tarik muka yang agak tidak mungkin. Mereka ingin cepat, tidak bengkak. Ia mengatakan permintaan ini perlu penjelasan pada pasien. Tidak mungkin operasi bedah plastik tidak bengkak. Ibaratnya terjedut saja bengkak. "Ekspektasi pasien supaya tidak membumbung ke langit," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement