Sabtu 20 Aug 2016 06:42 WIB

Ini Dia Obat Herbal untuk Atasi Malaria

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Penyakit malaria
Foto: Boldsky
Penyakit malaria

REPUBLIKA.CO.ID, Malaria adalah salah satu penyakit mematikan yang diakibatkan oleh nyamuk anopheles betina. Penyakit ini biasanya terjadi di negara-negara tropis dan sub-tropis. Gejala dari penyakit ini seperti demam tinggi, nyeri sendi dan tubuh, menggigil, sakit kepala, gangguan pencernaan, mual dan muntah, darah dalam kotoran dan lainnya.

Meskipun mematikan, sebenarnya penyakit ini masih dapat disembuhkan jika didiagnosis lebih awal dan pengobatan yang tepat. Kebanyakan orang akan memilih untuk berkonsultasi dan memilih menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata, terdapat beberapa obat alami untuk melawan penyakit tersebut. Dilansir Boldsky, berikut beberapa bahan alami yang dapat mengobati penyakit malaria.

Jeruk bali

    

Buah ini kaya akan kuinina alami sehingga sangat baik untuk mengobati malaria. Penderitanya disarankan untuk mengonsumsi buah ini setiap hari. Selain itu, buah ini dapat juga dikonsumsi dengan cara direbus dan disaring untuk dikonsumsi secara teratur dua kali sehari.

    

Kayu manis

    

Secangkir teh kayu manis akan membantu mengurangi gejala malaria seperti mual, kejang, gangguan pencernaan, kehilangan nafsu makan, kran dan lainnya. Ini karena kandungan anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang ada di dalamnya.

    

Air lemon

Salah satu gejala dari malaria adalah demam tinggi. Air lemon dapat membantu mengurangi suhu panas tersebut. Caranya dengan mengonsumsi air lemon segar.

Tawas

    

Untuk menghilangkan gejala malaria, tawas dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Caranya dengan memanggang tawas dan konsumsi empat jam sebelum gejala tersebut memburuk. Selain itu bisa dengan mengonsumsi setengah sendok teh selama dua jam setelah gejala terjadi.

    

Daun kemangi

    

Obat herbal untuk mengatasi malaria lainnya adalah dengan mengonsumsi kemangi. Caranya dengan membuat campuran dari daun kemangi dan lada hitam hingga menjadi pasta. Konsumsi campuran ini setiap hari. Cara ini apat mencegah efek dingin malaria dan mengurangi kondisi serius. MGROL69

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement