Rabu 13 Jul 2016 11:21 WIB

Tiga Minuman Paling Terlarang Saat Hari Panas

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Minuman soda diet
Foto: flickr
Minuman soda diet

REPUBLIKA.CO.ID, Anda merasa gerah dan berkeringat saat cuaca sedang panas? Pasti Anda mencari sesuatu untuk segera memuaskan dahaga, terlebih minuman yang menyegarkan. Tapi Anda harus tahu bahwa ternyata ada beberapa minuman yang justru harus dihindari saat cuaca sedang panas.

Dilansir dari Prevention, tiga jenis minuman yang harus dihindari akan membuat dehidrasi Anda semakin parah saat diminum ketika hari sangat panas.

Soda

Anda tahu soda meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kesehatan gigi yang buruk, tetapi minuman ringan ini juga dapat meningkatkan risiko kesehatan secara langsung yaitu dehidrasi. Penelitian baru dari American Physiological Society menemukan bahwa mengonsumsi minuman ringan untuk menghidrasi justru benar-benar akan membuat dehidrasi dan meningkatkan cedera ginjal, dibandingkan dengan air putih atau air dipermanis dengan stevia. Meskipun studi ini dilakukan pada tikus, para peneliti mengatakan temuan masih menimbulkan kekhawatiran serius bagi orang yang secara teratur memuaskan kehausan mereka dengan soda.

Alkohol

Meskipun tampak menarik, alkohol jenis apapun sebaiknya jangan dikonsumsi. "Alkohol memberikan kontribusi untuk peningkatan output urin, yang meningkatkan risiko dehidrasi," kata Heather Mangieri, RDN, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet. Jika Anda benar-benar dalam mood untuk menginginkan minuman dingin, sebaiknya Anda memilih air mineral dingin saja. Meneguk alkohol diikuti dengan seteguk air dapat membantu mencegah dehidrasi

Kopi atau teh

Ternyata jika Anda secara teratur mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh, terbukti meningkatkan risiko dehidrasi. "Untuk peminum kafein yang konsisten, minuman seperti es teh atau kopi benar-benar dapat memberikan kontribusi untuk asupan cairan harian Anda," kata Mangieri.

Mangieri juga menambahkan bahwa bagi para peminum non-kafein, minuman berkafein akan memiliki efek yang lebih nyata, terutama pada hari yang panas. "Jika Anda menggunakan minuman berkafein sebagai sumber cairan, saya akan mengatakan bahwa Anda perlu minum air mineral," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement