Kamis 02 Jun 2016 06:28 WIB

Seberapa Banyak Konsumsi Garam Per Hari yang Wajar?

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Garam laut
Foto: ist
Garam laut

REPUBLIKA.CO.ID, Konsumsi garam yang berlebih kerap dihubungkan dengan risiko tekanan darah tinggi yang dapat berujung pada penyakit stroke dan juga serangan jantung. Oleh karena itu, konsumsi garam per hari perlu dijaga agar selalu dalam batas wajar yang direkomendasikan.

Dokter umum dari Cambridge, Dr. Mike Knapton, mengatakan ambang batas konsumsi garam yang disarankan per hari ialah 6 gram. Sedangkan rata-rata garam yang dikonsumsi tiap individu per hari ialah 8 gram.

"Beberapa orang mengonsumsi lebih sedikit, beberapa lainnya mengonsumsi lebih banyak, tergantung pola makan," jelas Dr. Knapton seperti dilansir Cambridge News.

Yang perlu diwaspadai, lanjut Dr. Knapton, ialah garam 'tersembunyi' dalam makanan siap saji dan olahan. Dalam satu bungkus mi instan, misalnya, terdapat garam sebanyak 5,8 gram atau setara dengan 97 persen dari jumlah maksimum garam yang boleh dikonsumsi per hari menurut rekomendasi ahli Inggris.

Salah satu jalan keluar yang cukup efektif untuk membatasi asupan garam 'tersembunyi' menurut Dr. Knapton ialah bekerjasama dengan produsen makanan. Pada produk roti, misalnya, produsen bisa didorong untuk memproduksi roti yang mengandung garam lebih sedikit. Pengurangan garam pada produk roti dinilai Dr. Knapton tidak akan terlalu disadari konsumen.

"Cukup banyak persentase garam yang kita konsumsi berasal dari roti. Salah satu strategi yang cukup berhasil dalam 10 tahun terakhir ini ialah bekerjasama dengan manufaktur makanan dan retailer untuk menjual roti rendah garam di rak mereka," terang Dr. Knapton.

Di sisi lain, asupan garam juga tidak boleh di bawah ambang batas. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi garam kurang dari 3 gram per hari dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi garam yang terlalu rendah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian.

Dalam penelitian baru tersebut, bahaya kekurangan asupan garam kurang dari 3 gram ini tidak hanya menghantui penderita tekanan darah tinggi. Penderita tekanan darah rendah dan juga pemilik tekanan darah normal pun tak luput dari risiko penyakit serius jika mengonsumsi garam kurang dari 3 gram per hari, dilansir dari Cambridge News.

(baca: Risiko Kesehatan Ini Intai Pengguna Sepatu Hak Tinggi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement