Jumat 06 May 2016 06:28 WIB

Ingin Perut Kembali Datar? Konsumsi Makanan Ini

Rep: C35/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi
Foto: wikipedia
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Perut datar merupakan idaman bagi kebanyakan orang. Namun sebagian orang mengaku kesulitan untuk mengembalikan perutnya menjadi datar  tanpa lemak.

Dikutip dari Marie Claire pada Kamis (5/5), berikut beberapa makanan terbaik yang ‘ramah usus’, yang dapat menghasilkan banyak energi namun mampu membuat perut datar. Beberapa makanan sehat ini direkomendasikan oleh ahli gizi dari NutriCentre, Dr. Lorna Driver-Davies dan Dr.Marilyn Glenville.

Sayuran Hijau

Makan banyak sayuran dapat membuat pencernaan lancar. Namun sayuran ini tidak termasuk sayuran dengan tepung gula tinggi seperti kentang, wortel, dan lobak. Lebih banyak konsumsi brokoli, kacang hijau dan kale baik untuk pencernaan anda.

Roti Gandum

Dr Marylin mengatakan, hindari karbohidrat yang dapat terserap dengan cepat sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat kemudian membuatnya menurun lagi. Hal itu terjadi karena tubuh akan melepaskan adrenalin dan kortisol sebagai penstabil, yang keduanya berkontribusi menghasilkan lemak pada perut anda. Oleh karena itu, ganti dengan karbohidrat yang melepaskan energi secara perlahan.

Lemak Baik

Mendapatkan lemak baik dalam makanan anda merupakan kunci untuk mengurangi perut gendut. Hal ini karena tubuh kita membutuhkan pelumas yang cukup agar metabolisme lancar. Beberapa lemak baik tersebut dapat didapatkan dari Omega 3 yang berasal dari buah Alpukat, minyak zaitun, minyak rami dan kacang-kacangan.

Ikan

Protein yang berkualitas dapat memperlambat laju pencernaan karbohidrat. Sesaat setelah menambahkan protein baik dari hewan maupun nabati pada karbohidrat, maka akan menjadikan karbohidrat terlepas secara perlahan. Hal ini akan menjaga kadar gula tetap stabil dan menambah energi.

Kayu Manis

Jika anda dapat mengurangi konsumsi gula, maka anda sudah mencegah bakteri jahat berkembang dalam usus anda. Sebaliknya, dengan menambahkan kayu manis pada bubur baik untuk pencernaan. Selain itu kayu manis juga anti jamur dan dapat menjaga kadar gula dalam tubuh.

Telur

Penelitian sudah membuktikan bahwa leusin, asam amino esensial yang ditemukan dalam telur dapat membantu mengurangi berat badan. Karena leusin dapat menstabilkan kadar gula dalam darah dan meluruhkan lemak.

Seledri

Kandungan kalium yang tinggi pada seledri dapat membantu meratakan perut anda. Hal ini karena menurut Dr. Lorna kalium tinggi dapat melancarkan air seni. Sehingga dapat membatasi penyimpanan air berlebih dalam tubuh.

Kenari

Kenari mengandung lemak yang membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Mengonsumsi kenari secara rutin dapat membantu menjaga berat badan anda tetap ideal.

Probiotik

Memakan makanan yang kaya akan probiotik sangat baik untuk meratakan perut buncit anda. Hal itu karena probiotik mampu menjaga kadar bakteri baik dalam usus tetap dalam jumlah maksimal. Sehingga bakteri baik tersebut menghalangi perut anda semakin membuncit. Probiotik tersebut berasal dari yoghurt maupun makanan fermentasi lainnya seperti sauerkraut, kefir, kimchi dan miso.

Rempah

Pepermin dan jahe mampu membantu sistem pencernaan semakin lancar. Dengan sistem pencernaan yang lancar maka anda akan terhindar dari perut buncit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement