Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Cara Mudah Masak Nasi Rendah Kalori

Sabtu 19 Mar 2016 15:52 WIB

Red: Nur Aini

Nasi (Ilustrasi)

Nasi (Ilustrasi)

Foto: Google

REPUBLIKA.CO.ID, SRI LANKA -- Nasi menjadi makanan umum atau bahkan bahan pokok di dunia. Di Asia, diperkirakan 90 persen warganya makan nasi. Di Karibia, beras biasanya dicampur dengan kacang-kacangan. Meski jadi makanan pokok, nasi ternyata termasuk makanan berkalori tinggi.

Makan nasi putih, secara umum, dihubungkan dengan risiko tinggi diabetes. Secangkir beras bisa mengandung 200 kalori yang akan diubah menjadi gula dan sering menjadi lemak tubuh. Dengan kondisi itu, mahasiswa di College of Chemical Science di Sri Lanka mencari cara untuk menanak nasi yang bisa menurunkan kadar kalorinya hingga 50 persen dan bahkan memberi tambahan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Cara itu dilakukan dengan memanipulasi zat kimia. Namun, caranya cukup mudah untuk dipraktekkan. "Apa yang kita lakukan adalah memasak nasi seperti biasanya, tapi ketika airnya mendidih, sebelum beras dimasukkan, kami menambahkan minyak kelapa sekitar 3 persen dari berat beras yang akan dimasak, " ujar Sudhair James, yang mempresentasikan penelitiannya dilansir the Independent.

Setelah nasi masak, nasi kemudian dibiarkan dingin di kulkas sekitar 12 jam. "Itu saja," ujarnya.

Menurut dia, minyak akan berinteraksi dengan pati beras dan akan mengubah strukturnya. "Mendinginkan beras akan membantunya mengkonversi pati. Hasilnya jadi porsi sehat meskipun dipanaskan kembali," ujarnya.

Sejauh ini, mereka hanya mengukur zat kimia yang dihasilkan dari proses memasak dari 38 variasi. Namun, variasi itu hanya mengurangi 10-12 persen kalori. "Dengan metode yang lebih baik, kami menarget bisa mengurangi 50-60 persen kalori," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA