Selasa 26 Jan 2016 09:00 WIB

Khasiat Buah Bit Bagi Penderita Penyakit Paru-Paru

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Buah bit
Foto: pixabay
Buah bit

REPUBLIKA.CO.ID, Buah bit saat ini sedang dijadikan percobaan untuk membantu perawatan bagi para penderita penyakit paru-paru. Pasalnya, buah bit yang dijus ternyata dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Meningkatnya kadar oksigen dalam darah ini juga dapat meringankan gejala-gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita penyakit paru-paru.

Para peneliti menyebutkan buah bit memiliki kadar nitrat yang cukup tinggi. Berdasarkan hal itu, peneliti meyakini bahwa sari dari buah bit dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh.

Oleh karena itu, peneliti menjadikan menu jus buah bit sebagai bagian dari proses rehabilitasi bagi para pasien penderita obstructive pulmonary disease (COPD) kronis. 

Sejak Januari 2016, para penderita COPD kronis diberikan 140 ml jus buah bit sekali sepekan selama dua bulan. Dengan begitu, diharapkan berbagai gejala penyakit paru-paru pada pasien, seperti susah bernafas dan kelelahan, dapat berkurang.

Syed Husain, ahli dari Maidstone and Tunbridge Wells NHS Trust, yang turut serta dalam penelitian mengatakan jika penelitian ini terbukti maka mereka akan menjadikan menu jus buah bit sebagai standar perawatan dalam NHS. Husain pun optimistis jika perawatan bagi penderita penyakit paru-paru dapat dilakuakn dengan inovasi sederhana seperti jus buah bit.

"Kami sedang mencari cara yang lebih inovatif (dalam mengatasi penyakit paru-paru)," terang Husain.

Beberapa rumah sakit besar di Inggris pun turut berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian yang dipimpin oleh Royal Brompton Hospital ini memiliki banyak ahli yang turut serta dalam penelitian.

Sedangkan COPD sendiri merupakan pembunuh ketiga terbesar di Inggris saat ini. COPD biasanya disebabkan oleh merokok, paparan zat kimia, debu, uap hingga polusi udara. Buah bit yang telah dijadikan pengobatan sejak era Roma, diyakini memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah ke jantung hingga khasiat kesehatan lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement