Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Sulit Tidur? Coba Konsumsi Makanan Ini

Rabu 06 Jan 2016 10:39 WIB

Rep: c32/ Red: Andi Nur Aminah

Semangkuk sereal dan buah bisa mengatasi kesulitan tidur di malam hari (ilustrasi)

Semangkuk sereal dan buah bisa mengatasi kesulitan tidur di malam hari (ilustrasi)

Foto: blogs.bu.edu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang mungkin pernah memiliki kesulitan tidur pada malam hari. Jika sedang mengalami hal tersebut, tak ada salahnya pergi ke dapur untuk mendapatkan solusi agar bisa mengantuk.

Seperti dilansir Safebee, belum lama ini, penelitian menunjukkan ada lima makanan dan minuman memiliki efek memudahkan untuk tidur. Salah satunya mengonsumsi segelas jus ceri tart sebelum tidur. Hal itu mungin  bisa membawa tidur Anda lebih nyenyak. Karena buat ceri tart mengandung montmorency yang kaya akan melatonin.

Para peneliti menugaskan 20 relawan untuk minum jus ceri tart atau minum plasebo setiap malam selama seminggu. Mereka merekam kualitas tidur dengan cara mengisi kuesioner dan sensor aktivitas motorik. Selain itu sampel urin relawan juga diambil untuk mengevaluasi tingkat melatonin.

Relawan yang meminum jus ceri tart memiliki tingkat melatonin lebih tinggi susuai yang diharapkan. Mereka juga meningkatkan waktu lebih baik di tempat tidur, waktu tidur total, dan tidur yang efisien dibandingkan dengan mereka yang minum plasebo.

Hanya saja, ada penelitian lain yang menyebutkan manfaat dari jus ceri tart hanya sederhana saja. Tidak ada perdebatan, bagaimanapun dalam mengkonsumsi jus buah tersebut harus dengan dosis yang baik karena mengandung antioksidan. 

Pilihan lain jatuh pada sereal tinggi akan tryptophan yang terkenal  karena memicu tidur siang. Para peneliti mengungkapkan, mengonsumsi sereal yang relatif tinggi tryptophan seperti granolas, oatmeal, dan sereal dengan gandum dapat membuat Anda lebih mengantuk dan siap untuk tidur.

Selama satu minggu peneliti memberikan sereal yang mengandung triptifan kepada 35 orang dewasa yang bermasalah dalam tidur. Mereka diberikan sereal tersebut sekitar 22,5 miligram per satu ons setiap porsinya saat sarapan dan selama makan malam.

Dalam satu minggu mereka mendapatkan tryptophan yang diperkaya sereal dengan kandungan 60 miligram per ons lalu pada minggu ketiga mereka makan normal. 

Penelitian menunjukkan mereka lebih memiliki tidur terpanjang dan berkualitas selama minggu saat mengkonsumsi sereal triptofan.

Menurut peneliti, tubuh merubah triptofan menjadi serotonin atau hormon yang membuat seseorang merasa lebih baik. Begitu juga dengan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membantu mengatur siklus bangun dan tidur. 

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA