Selasa 05 Jan 2016 07:42 WIB

Ini Alasan Cermin Mudahkan Penurunan Berat Badan

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Menurunkan berat badan tidak semata mengurangi asupan makanan, ada faktor lain yang memengaruhi keberhasilan diet.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menurunkan berat badan tidak semata mengurangi asupan makanan, ada faktor lain yang memengaruhi keberhasilan diet.

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian yang dilakukan di University of Central Florida mengemukakan, cermin bisa menjadi strategi baru untuk melancarkan program diet. Cermin ternyata mempunyai pengaruh tersendiri bagi pelaku diet saat menurunkan berta badan.

Seperti dilansir Mensfitness, profesor yang melakukan penelitian tersebut Ata Jami berpendapat, cermin membuat seseorang lebih sadar standar sosial mengenai kebenaran apa yang harus dilakukan.

Pengaruh tersebut juga berdampak bagi mereka yang menjalani program diet untuk bisa sadar makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi. Menurutnya, sepotong kue memang enak namun dengan memakan kue tersebut di depan cermin makan akan menyadarkan seseorang untuk merasa sulit mengkonsumsi makanan tersebut.

Untuk itu ia mengingatkan jika sudah berniat untuk menghilangkan berat badan dengan tidak mengkonsumsi junk food maka harus menepatinya. Pada dasarnya junk foood memang terasa lebih enak dibandingkan makanan sehat dan cermin akan membantu untuk menyadarkan untuk tidak mengkonsumsi junk food.

"Sekilas, di cermin memberitahu orang-orang lebih dari hanya tentang penampilan fisik mereka. Cermin memungkinkan mereka untuk melihat diri mereka sendiri secara objektif,” kata Jami. Dengan begitu maka akan membantu para pelaku diet untuk menilai diri sendiri dan perilakunya dengan cara yang sama ketika menilai irang lain.

Jami menyarankan jika sudah memutuskan untuk menurunkan berat badan dan makan sehat sebagai bagian dari strategi maka mulai lah dengan melakukan cara baru ini. Pasang cermin di dapur dan bisa membantu seseorang untuk tidak terlalu tergoda dengan makanan tidak sehat.

(baca: Vitamin D Sering Diabaikan Ketika Berdiet)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement