Selasa 05 Jan 2016 07:29 WIB

Diet Selalu Gagal? Coba Gunakan Cermin

Rep: C32/ Red: Indira Rezkisari
Mereka yang makan di ruangan dengan cermin ternyata berpikir lebih lanjut untuk tidak memilih makanan yang kurang sehat.
Foto: pixabay
Mereka yang makan di ruangan dengan cermin ternyata berpikir lebih lanjut untuk tidak memilih makanan yang kurang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, Beragam strategi dilakukan banyak orang untuk membantu melancarkan program diet. Di sisi lain ada juga yang menggunakan cara realistis dengan olahraga yang rutin dan beran agar membuat perubahan besar dalam program dietnya.

Seperti dilansir Mensfitness, ada cara baru yang ditemukan para peneliti di University of Central Florida dengan menggunakan cermin. Melaui pola berpikir, cermin bisa membuat seseorang untuk lebih ekstra sadar dalam mengkonsumsi makanan.

Cermin bisa saja menjadi benda yang dihindari ketika sudah banyak melakukan banyak usaha diet namun tidak ada perubahan yang berarti. Namun jika cermin dipindahkan ke ruang makan atau dapur bisa saja menjadi alat bantu yang tepat dalam menjalankan program diet.

Kebanyakan orang diet mengerti makanan tidak sehat bisa menghambat program diet namun banyak di antara mereka yang tetap mengkonsumsinya. Pelaku diet paham makanan tidak sehat rasanya lebih enak sehingga tidak berhasil menjalankan program diet.

Dengan keadaan tersebut, salah seorang tim peneliti dari universitas tersebut Ata Jami mencoba mengembangkan strategi psikologi sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Dengan meminta 185 mahasiswanya untuk memilih memakan salad atau sepotong kue cokelat namun berada di dua ruangan berbeda.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Association for Consumer Research, sebagian siswa makan di ruangan dengan cermin, sementara sisanya ada di ruangan tanpa cermin. Hasilnya, mahasiswa yang berada di ruangan bercermin berpikir untuk tidak memakan kue cokelat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement