Jumat 01 Jan 2016 14:07 WIB

Air Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Sebabnya

Rep: c32/ Red: Dwi Murdaningsih
Minum air putih lebih menyehatkan dibanding apapun
Foto: Boldsky
Minum air putih lebih menyehatkan dibanding apapun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menurut penelitian yang dilakukan di University of Birmingham, menurutkan berat badan kini tak hanya bisa dilakukan dengan diet dan berolahraga. Air ternyata bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan tanpa diet serta olahraga.

Seperti dilansir The Independent, Rabu (13/12) ada banyak faktor yang berkontribusi  dalam menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi air. Para peneliti melacak beberapa faktor selama studi mereka, termasuk aktivitas fisik peserta, dan berapa banyak kalori yang mereka makan setiap kali makan.

Peneliti menemukan tidak banyak perbedaan perbedaan antara kedua kelompok yang selalu minum air 30 menit sebelum setiap kali makan dibanding mereka yang hanya satu hingga dua kali saja. Hanya saja mereka yang hanya minum air satu hingga dua kali waktu makan dalam sehari, penurunan berat badannya lebih lambat.

Tentunya ada pertanyaan apakah meminum air sebelum makan bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga dan diet benar bisa berpengaruh? Mengenai hal tersebut, para peserta juga diberikan bagaimana memenuhi gizi dan mereka juga boleh memakan apa saja yang diinginkan.

Hanya saja, mereka yang meminum air sebelum setiap kali makan ternyata hanya memakan kalori lebih sedikit. Para peneliti berpikir, penurunan berat badan tersebut karena minum air bisa membuat perut terasa lebih kenyang.

Selain itu, ketika mengalami dehidrasi maka seseorang akan lebih merasa lapar sehingga ada baiknya minum lebih banyak akan mengurangi rasa haus. Tentunya, seseorang akan tidak sering merasakan lapar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement