Kamis 10 Dec 2015 08:58 WIB

Pakar Gizi IPB: Enam Langkah Cegah Hepatitis A

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Hepatitis A (ilustrasi)
Foto: salingsilang.com
Hepatitis A (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hepatitis A adalah penyakit infeksi hati atau liver yang disebabkan virus hepatitis A. Penderita akan menunjukkan gejala seperti merasa lemas, mual, muntah, bahkan diare. Pada tahap selanjutnya, mata penderita akan bewarna kuning.

Pakar sekaligus akademisi dari Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (IPB), dr Naufal M Nurdin mengatakan hepatitis A menyebar melaluimakanan dan minuman yang terkontaminasi virus tersebut.

"Virus tersebut bersumber dari feses penderita yang disebut transmisi fecal-oral, sehingga faktor kebersihan di sini sangat penting," katanya dalam pesan tertulis, Kamis (10/12).

Sejauh ini 17 mahasiswa IPB terdata menjalani perawatan akibat terjangkit virus hepatitis A. Sebelumnya satu orang mahasiswa asal Medan, Sumatra Utara dikabarkan meninggal dunia. Naufal mengatakan semua orang, baik mahasiswa, dosen, pegawai, terutama orang yang daya tahan tubuhnya rendah bisa terkena hepatitis A. Virus ini akan mati pada suhu di atas 85'C dan bisa dicegah dengan perbaikan sanitasi, memperhatikan faktor higienitas yang menurunkan risiko penularan.

Ada enam langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus hepatitis A. Pertama, hindari makan makanan yang tidak dimasak, seperti buah dan sayur atau lalapan yang tidak terjamin kebersihannya.

Kedua, hindari minum air yang tidak dimasak atau diragukan kebersihannya. Naufal juga menyarankan untuk menghindari air galon isi ulang yang tidak terjamin kebersihannya.

Ketiga, apabila makanndi kantin atau warung, maka seseorang perlu memilih makanan yang dimasak dan lebih baik yang masih dalam keadaan panas. Hindari membeli minuman dingin yang menggunakan es batu untuk menghindari konsumsi es batu yang dibuat dengan air yang tidak dimasak.

Keempat, sediakan sabun antiseptik di seluruh kamar mandi. Setiap orang yang keluar dari kamar mandi wajib mencuci tangannya dengan sabun tanpa terkecuali. Kelima, cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Jika perlu, bawa sendok dan garpu sendiri. Antiseptik alkohol atau hand sanitizer tidak efektif membunuh virus hepatitis A. Keenam, jaga kebersihan lingkungan dan memilih kantin yang bersih juga sehat. Jangan sembarangan membeli makanan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement