Rabu 09 Dec 2015 00:01 WIB

Kurang Tidur, Siap-Siap Terserang Diabetes!

Tidur yang tidak teratur memiliki dampak buruk bagi tubuh.
Foto: pixabay
Tidur yang tidak teratur memiliki dampak buruk bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak yang beranggapan bahwa penyakit diabetes hanya bisa terkena karena faktor keturunan keluarga atau pola makan yang tidak sehat. Siapa sangka, kurang tidur juga sangat berpotensi terjangkit penyakit ini.

Selain diabetes, kurangnya istirahat atau tidur yang cukup juga berdampak dari munculnya penyakit lain. Dilansir dari laman Prevention Rabu (9/12) berikut penyakit yang bisa ditimbulkan akibat kurang tidur

Osteoporosis

Anda hanya istirahat kurang dari enam jam? hati-hati karena hal ini dapat mengurangi kepadatan tulang secara drastis. Akibatnya tulang menjadi lebih cepat rapuh. Bahkan Anda akan cenderung merasakan nyeri sendi dan rawan patah tulang.

(Baca juga: Kurang Tidur Menyebabkan Terserang Penyakit Kronis)

Diabetes

Pada sebuah studi tahun 2011 mengatakan ketika penderita diabetes tipe 2 kekurangan waktu istirahat, dampaknya adalah peningkatan glukosa dalam darah hingga nyaris 10 persen.

Kanker payudara

Hampir sebagian besar wanita yang diminta sampel penelitian antara usia 40 hingga 79 tahun ditemukan mereka yang memiliki jam tidur kurang dari enam jam setiap harinya sangat berpotensi terserang kanker payudara. Studi lain juga mengatakan risiko lain dari kurang tidur ini berdampak pada seseorang akan menderita polip kolorektal hingga dapat menjadi kanker dibanding mereka yang tidur dengan cukup.

(Baca juga: Kurang Tidur, Otak Bisa Mengecil?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement