Kamis 26 Nov 2015 15:35 WIB

Catat! Ini Bahaya Daging Babi Asap Bagi Jantung Anda

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bacon atau daging babi asap (ilustrasi)
Foto: Photos.com
Bacon atau daging babi asap (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan mengenai konsumsi daging olahan, seperti daging babi asap (bacon) dan hot dog dapat berdampak buruk. Mengonsumsi daging olahan tersebut bisa menyebabkan penyakit mematikan, seperti kanker.

Daging babi asap merupakan makanan favorit bagi sebagian orang, tapi terlalu banyak konsumsi daging memiliki bahaya kesehatan yang parah. (Baca: Tujuh Alasan Mengapa Daging Babi Olahan Benar-Benar tak Sehat)

Seperti dilansir Boldsky, daging babi asap ternyata mengandung lemak jenuh yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan daging ini tidak memiliki nilai gizi yang baik.

Kandungan natrium dalam daging tersebut bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi daging olahan dalam jumlah banyak bisa berkaitan dengan kesehatan yang buruk.

Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi daging per hari dapat meningkatkan risiko kematian. Sementara, daging babi asap kaya akan asam lemak jenuh. Dengan mengonsumsi lemak jenuh maka akan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tak hanya itu, kandungan nitrat dalam daging dapat merusak pembuluh darah. Belum lagi, pada beberapa orang kandungan tersebut bisa menyebabkan diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement