Selasa 24 Nov 2015 07:24 WIB

Diabetes Tingkatkan Risiko Sakit Jantung Hingga 4 Kali

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pemeriksaan kadar diabetes
Foto: pixabay
Pemeriksaan kadar diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Hospitals ASRI, dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD mengatakan terdapat hubungan antara penyakit diabetes dan jantung. Penyakit diabetes dapat meningkatkan dua sampai empat kali risiko terkena penyakit jantung (dibandingkan mereka yang masih sehat).

"Pada diabetesi, kadar gula darah yang tinggi mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan kerusakan sel-sel jantung, hingga menyebabkan terjadinya  penyakit jantung atau bahkan stroke," ujarnya, beberapa waktu.

Menurutnya, pola hidup sehat menjadi kunci utama untuk dapat mencegah kedua penyakit tersebut. Kita dapat memulainya dengan membatasi asupan gula agar tidak lebih dari dua sendok makan atau 25 gram perhari untuk hidup lebih sehat (Anjuran World Health Organization, sekitar dua sampai empat sendok makan).

(baca: Daging Juga Baik Bagi Kesehatan Jantung)

Penyuka makanan atau minuman manis dapat menjadikan pemanis yang rendah kalori sebagai alternatif pengganti gula, sebagai cara untuk tetap merasa manis tanpa risiko diabetes. Kemudian, kita juga perlu mengurangi konsumsi lemak, misalnya dengan menjauhi gorengan atau lebih memilih susu rendah lemak. Tidak lupa, untuk teratur berolahraga dan istirahat yang cukup.

Bagi yang sudah terkena diabetes, upayakan juga untuk selalu berada dalam kondisi mental positif untuk menghindari resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement