Senin 02 Nov 2015 09:44 WIB

Cara-Cara Berikut Ini Diklaim Bisa Cegah Kanker (1)

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
Berolahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Berolahraga teratur dan menerapkan pola makan sehat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penelitian terbaru di Australia mengungkap 13 langkah untuk mencegah kanker. Langkah-langkah tersebut, jika diterapkan dengan baik dan benar oleh masyarakat, diklaim mampu menurunkan risiko kanker secara signifikan hingga 37 ribu kasus per tahun.

Peneliti dari QMIR Berghofer Medical Research Institute, Queensland Australia, Profesor Whitehead mengatakan, dibutuhkan komitmen jangka panjang untuk mengubah gaya hidup agar upaya pencegahan kanker benar-benar berdampak di kemudian hari.

“Kanker tidak bisa dicegah hanya dengan meminum jus buah sekali dalam sepekan. Tidak ada pencegahan kanker yang instan, kecuali Anda mengubah gaya hidup untuk jangka panjang,” ujarnya, seperti dikutip laman Independent, belum lama ini. Berikut beberapa langkah pencegahan kanker yang penting.

Berhenti merokok

Merokok dianggap sebagai salah satu kebiasaan sangat sulit untuk dihentikan. Padahal, tar yang terkandung dalam rokok dapat memicu mutasi DNA di paru. Di Australia sendiri, angka kematian akibat kanker paru yang di kalangan perokok bisa mencapai 15.558 kasus setahun.

Hindari paparan langsung sinar matahari

Paparan sinar matahari disebut sebagai salah satu pemicu munculnya kanker yang menyebebkan 7.220 kematian di Australia. Mengenakan pakaian tertutup saat berada di luar rumah pada siang hari dapat menghalangi tubuh dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Langkah ini bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena kanker.

Diet rendah daging merah

Menurut penelitian, diet semacam ini dapat membantu mencegah kanker usus. Batasan konsumsi daging merah yang direkomendasikan para ahli hanya 30 gram per hari untuk pria, dan 25 gram per hari untuk wanita.

Konsumsi makanan berserat tinggi

Langkah ini dapat membuat perut sehat. Kebiasaan mengonsusmi makanan olahan di negara maju tampaknya menjadi salah satu penyebab meningkatnya risiko orang terkena kanker usus. Mencukupi tubuh dengan nutrisi berserat tinggi bisa membantu Anda mengurangi risiko tersebut.

Diet buah yang baik

Menurut penelitian, mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari dianggap sebagai cara diet yang baik untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Jaga berat badan dengan berolahraga rutin

Kegemukan dan obesitas memiliki kaitan erat dengan pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga. Masalah berat badan semacam itu menjadi pemicu 3.917 kematian akibat kanker per tahun di Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement