Kamis 24 Sep 2015 07:27 WIB

3 Cara Detoksifikasi Tubuh Selain Minum Jus

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Sayuran
Foto: republika/prayogi
Sayuran

REPUBLIKA.CO.ID, Jus adalah cairan organik yang segar untuk mendetoksifikasi tubuh, namun tidak semua orang suka minum jus.

Detoksifikasi adalah proses mengatur ulang pencernaan, membersihkan racun, bahkan menurunkan berat badan bagi sebagian orang.

Selain minum jus, ada tiga cara mudah untuk mendetoksifikasi tubuh, dilansir dari Glamour, Rabu (23/9).

Tetap terhidrasi

Cara nomor satu untuk membersihkan tubuh adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ahli diet, LeeAnn Weintraub mengatakan minum cairan yang cukup membantu membasuh racun dan limbah dari dalam tubuh. "Kebanyakan wanita membutuhkan setidaknya dua liter per hari. Orang-orang yang aktif mungkin perlu lebih banyak cairan," kata Weintraub.

Perbanyak buah dan sayuran

Meskipun sebagian besar jus terbuat dari buah dan sayuran, namun jus cenderung kurang serat. Tubuh membutuhkan serat untuk membersihkan racun. "Makanan buah dan sayuran mentah membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Wanita setidaknya membutuhkan 28 gram serat per hari atau dua kali lipat dari asupan rata-rata 14 gram," kata Weintraub.

Makan dua kali sehari

Weintraub mengatakan makan itu lebih baik dua kali sehari atau setiap 12 jam. Ini demi memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mencerna makanan, menstabilkan hormon, dan beristirahat. Jika Anda sudah terbiasa sarapan pada pukul 08.00 WIB, maka biasanya keesokan harinya sarapan pada jam yang sama lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement