Ahad 19 Jul 2015 02:11 WIB

Pasca Menopause Wanita Diminta Olahraga untuk Hindari Kanker

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Risiko kanker payudara bisa berkurang sekitar 10-12 persen jika seseorang bisa rutin berlari selama 20-60 menit setiap minggu.
Foto: Republika/Prayogi
Risiko kanker payudara bisa berkurang sekitar 10-12 persen jika seseorang bisa rutin berlari selama 20-60 menit setiap minggu.

REPUBLIKA.CO.ID, Studi yang dipublikasikan oleh JAMA Oncology mengungkapkan bahwa olahraga selama 45 menit bagi wanita setelah menopause akan membakar lebih banyak lemak. Keuntungan lainnya yaitu mengurangi risiko kanker payudara.

Lemak tubuh memiliki kaitan dengan risiko kanker payudara setalah menopause. Studi merekomendasikan wanita melakukan olahraga selama 300 menit dalam seminggu. Penelitian ini membandingkan persentase dengan studi lain yang merekomendasikan beraktivitas selama 150 menit per minggu.

Setiap aktivitas aerobik yang memicu denyut jantung 65 persen menjadi 75 persen tidak menjadi masalah dilakukan. Ada baiknya kegiatan tersebut diawasi oleh ahli atau melakukan kegiatan tidak telalu berat, seperti berjalan atau bersepeda, dilansir dari Mirror, Sabtu (18/7).

Menurut studi ini rata-rata penurunan lemak tubuh terjadi lebih besar pada wanita yang beraktivitas 300 menit daripada 150 menit. Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya lemak pada otot perut, lingkar pinggang, dan rasio antara pinggang dan pinggul.

Menurut salah satu peneliti, Dr Friedenreich mengatakan, kemungkinan besar ada hubungan antara aktivitas fisik dan risiko kanker payudara pasca-menopause setelah hilangnya lemak. Hal ini juga didukung lebih dari 100 studi epidemiologi.

Olahraga bisa menjadi satu kunci mengarahkan masyarakat untuk tidak terkena penyakit. Dengan olahraga cukup maka penyakit tidak akan mudah mendekat dan menyerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement