Sabtu 23 May 2015 16:41 WIB

Perhatikan Tanda-Tanda Penyakit pada Tubuh (1)

Rep: c27/ Red: Ani Nursalikah
Serangan jantung
Foto: ilustrasi
Serangan jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kini sudah bermacam-macam jenisnya. Dari yang bisa dikenali dengan mudah ciri-cirinya hingga penyakit yang tiba-tiba saja datangnya.

Dilansir dari Body and Soul, Sabtu (23/5),  berikut ini beberapa tanda-tanda yang tidak bisa anda abaikan jika terjadi pada tubuh.

Nyeri rahang

Tidak semua serangan jantung ditandai dengan nyeri pada dada. Nyeri pada rahang, leher atau bahu mungkin menjadi sinyal darurat. Rasa sakit ini lebih sering terjadi pada perempuan dibanding pria.

"Sakit yang terasa akan parah dan datang secara tiba-tiba. Jika anda merasa sakit seperti itu biasanya terkait dengan gejala lain seperti sesak nafas, jantung berdebar, berkeringat dan mual," ujar Jill Forer, ahli kesehatan perempuan.

Benjolan berwarna kuning

Munculnya benjolan ini sering terjadi pada tangan, kaki, siku, lutut, dan bokong. Hal tersebut harus diperiksa ke dokter. Benjolan ini dikenal dengan xanthomas atau plak kolesterol.

Ini mengindikasikan anda sedang dalam kondisi kolesterol tinggi yang disebabkan timbunan lemak di bawah kulit. Ia menjelaskan tidak semua yang memilki kolesterol tinggi akan mengidap xanthomas.

"Sering sekali plak kolesterol ini berhubungan dengan kecenderungan keluarga," ujar Forer.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement