Sabtu 07 Feb 2015 11:46 WIB

Jahe, Herbal yang Ampuh Cegah Kanker

Jahe
Foto: ayefresh.com
Jahe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jahe telah banyak digunakan dalam obat-obatan, memasak, serta manufaktur selama berabad-abad. Jahe merupakan tanaman serba guna yang dapat diperoleh dalam berbagai bentuk mulai dari bubuk, dikeringkan, fresh, bahkan minyak maupun jus.

Jahe juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, B-vitamin, magnesium, potassium, fosfor, silikon, zat besi, sodium, kalsium, zinc, dan beta karoten. Berikut ini merupakan manfaat mengkonsumsi jahe seperti yang dirangkum dari situs Womanitely, Sabtu (7/2).

Jahe mengobati gangguan usus dan lambung

Jahe dipercaya merupakan salah satu tanaman yang dapat mengobati masalah pada perut. Jahe dapat masuk ke dalam saluran percernaan lalu dapat meringankan kerja perut. Jahe juga merupakan obat yang baik untuk perut kembung akibat tingginya kandungan gas dalam perut. Dengan menambahkan jahe pada diet, Anda dapat terhindar dari sakit perut, kolik, dan diare.

Mengobati mual

Jahe sangat berguna terutama bagi orang yang sering mengalami mual akibat gerakan, seperti mabuk laut. Jahe merupakan cara yang paling aman serta efektif untuk mengobati mual dibandingkan dengan obat-obatan. Dengan sedikit bubuk jahe, Anda dapat menghilangkan segala gejala mual, muntah, pusing, dan keringat dingin. Jahe juga sangat berguna untuk tahap awal kehamilan karena dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat, tanpa memiliki dampak buruk.

Mengurangi inflamasi

Jahe merupakan salah satu tanaman anti-inflamasi yang sangat terkenal. Penelitian menunjukan bahwa jahe memiliki agen aktif yang sama efektifnya dengan analgesik. Jahe juga merupakan hal wajib untuk mengurangi sakit saat menstruasi. Tanaman ini juga dapa meredakan sakit kepala sebelah, sakit otot, punggung, dan sendi. Anda dapat mulai mengonsumsi jahe dengan cara memasukan beberapa irisan kecil jahe ke dalam teh untuk mendapatkan khasiat setiap harinya.

Mencegah kanker

Jahe diperkaya dengan antioksidan yang cukup tinggi untuk mencegah kanker. Penelitian menunjukan bahwa jahe dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker serta membantu mengurangi risiko berkembangnya kanker. Jahe juga dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, kanker pankreas, dan kanker prostat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement