Kamis 04 Nov 2010 01:13 WIB

Kurang Gerak Tingkatkan Risiko Demam, Lo

olahraga agar tubuh bugar
Foto: the88sj.com
olahraga agar tubuh bugar

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Orang yang kurang gerak hampir dua kali lebih mungkin untuk terserang demam dan tiga kali lebih mungkin untuk mengalami gejala demam parah dibandingkan dengan sebaya mereka yang tetap bugar, kata beberapa peneliti Amerika.

Para peneliti yang dipimpin oleh David Nieman, Direktur Human Performance Laboratory di Appalachain State University di North Carolina itu melacak 1.002 orang dewasa di Wisconsin yang berusia 18-25 tahun selama 12 pekan pada musim gugur dan musim dingin 2008.

Para ilmuwan tersebut memantau mereka untuk mengetahui berat tubuh mereka, apakah mereka terserang sakit pernafasan, dan menanyai mereka mengenai makanan, gaya hidup, dan pola olahraga mereka.

Orang yang menggambarkan diri sebagai "lebih bugar" atau "yang berolahraga sampai lima hari dalam satu pekan atau lebih," rata-rata menghadapi antara 4,4 dan 4,9 hari "demam".

Bagi mereka yang masuk ke dalam kategori bugar sedang, dan berolahraga antara satu dan empat hari per pekan, kondisi itu ialah 4,9-5,5 hari.

Tapi di kalangan timpalan mereka yang mengatakan mereka memiliki kebugaran rendah dan berolah-raga hanya satu kali dalam satu pekan atau kurang, mereka terserang demam 8,2 dan 8,6 hari. Kebugaran yang bagus juga membuat gejala demam turun antara 31 dan 41 persen lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan orang dengan gaya hidup duduk terus-menerus.

Banyak olah raga meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga membantu mendorong kesiapan tubuh dalam menghadapi serangan virus, demikian studi tersebut. Studi itu mengutip angka bahwa rata-rata orang dewasa di AS dapat menduga mereka terserang demam dua sampai kali dalam setahun, dan anak-anak antara setengah lusin dan 10 serangan demam per tahun.

Hasil studi tersebut  disiarkan di British Journal of Sports Medicine.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement