Selasa 11 Nov 2014 13:45 WIB

Asupan yang Perlu Dihindari Saat Sakit Gondok (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Gula
Gula

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiroid adalah kelenjar yang berfungsi memproduksi hormon tiroid. Hormon ini sangat penting untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika kadar hormon ini tidak berada di kisaran normal, berbagai tanda dan gejala penyakit dapat terjadi.

Kelenjar tiroid menggunakan yodium untuk menghasilkan hormon tiroid. Jika produksinya berlebihan, maka Anda akan mengalami hipertiroid yang disebut juga penyakit gondok. 

Jika demikian, maka Anda perlu menghindari 10 makanan berikut, dilansir dari My Health Tips, Selasa (11/11).

5. Gula

Gula tebu, dekstrosa, sirup jagung, dan sebagainya mengandung fruktosa tinggi dan menambah kalori juga manisnya makanan. Ini menyebabkan lonjakan gula darah. Hondari makanan dan minuman ringan berpemanis buatan, seperti minuman di dalam kaleng atau botol plastik.  

6. Daging merah

Daging merah memiliki kadar kolesterol tinggi atau lemak jenuh. Ini menyebabkan penyakit jantung dan diabetes tipe dua. Kurangi konsumsi daging merah, maka Anda akan terhindar penyakit hipertiroid. Daging merah bisa menyebabkan radang.

Sertakan protein tambahan pada makanan, seperti ikan salmon, tuna, herring, makarel, dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang diproses dengan cara digoreng, sebab ini akan menyertakan lemak tambahan di dalamnya.

7. Makanan penyebab alergi

Penyakit gondok adalah autoimun dan alergi makanan tertentu bisa memicu timbulnya penyakit ini. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari makanan yang menyebabkan alergi, termasuk intoleransi laktosa, intoleransi gluten, alergi kacang, alergi gandum, reaksi alergi yang disebabkan oleh aditif makanan,dan sebagainya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement