Selasa 11 Nov 2014 13:22 WIB

10 Makanan Rendah Kalori untuk Si Gemuk (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Semangka
Foto: M Agung Rajasa/Antara
Semangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegemukan adalah kondisi dimana tubuh memiliki lebih banyak lemak di atas batas optimal. Agar sehat, tubuh memerlukan tingkat lemak optimal. Berfungsinya hormon, sistem reproduksi dan sistem kekebalan tubuh dipengaruhi kadar lemak berlebih dalam tubuh. Terlalu banyak menyimpan lemak dalam tubuh akan memengaruhi penampilan.

Jika Anda memiliki indeks masa tubuh lebih dari 25 kilogram, maka Anda dianggap kelebihan berat badan. Makanan rendah kalori bisa membantu Anda menurunkan berat badan. 

Berikut adalah 19 makanan dengan kandungan kalori kurang dari 10 yang akan membantu Anda mengurangi berat badan, dilansir dari My Health Tips, Selasa (11/11).

8. Mentimun

Mentimun adalah sayur lain yang dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Mentimun memiliki kandungan air tinggi dan memberikan efek kenyang ke perut saat makan. 

Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk mengunyah mentimun. Oleh sebab itu, energi tersebut akan membakar makanan.

Sebanyak 75 gram mentimun hanya mengandung sembilan kalori. Ini adalah sayur yang kaya akan vitamin B, tidak mengandung gula dan sangat rendah sodium. Mentimun juga berisi semua vitamin harian yang dibutuhkan tubuh, khususnya silika yang menjadikan sendi kuat.

9. Semangka

Semangka adalah makanan kalori rendah. Setiap 28 gram semangka akan memberikan Anda hanya sembilan kalori. Anda memerlukan 3.500 kalori untuk menghasilkan satu pon lemak tubuh. Jadi, semangka tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan pada seseorang.

Semangka mengandung 139 gram air per cangkir, sehingga merupaan sumber kaya air bagi tubuh. Ini membuat tubuh terhidrasi dan mengurangi rasa lapar saat diet. Arginin di dalam semanga juga mengandung serat yang mengatasi sembelit dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.

10 Tomat cherry

Tomat cherry mengandung vitamin A, C, dan K. Pigmen yang terkandung dalam tomat yang disebut lycopene memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko kanker. Sekitar tiga tomat cherry hanya berisi 10 kalori. Oleh karenanya ini adalah makanan ideal untuk mereka yang kelebihan berat badan.

Tomat cherry juga kaya kalium. Tidak ada gula atau lemak jenuh di dalam tomat dan karenanya ini merupakan makanan yang aman bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement