Rabu 30 Jul 2014 04:19 WIB

11 Tips Hamil Anak Kembar yang Sehat (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Joko Sadewo
Bayi kembar (ilustrasi)
Foto: hollywoodlife.com
Bayi kembar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda sedang mengandung anak kembar? Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mendata bahwa tingkat kelahiran kembar meningkat hingga 76 persen dalam 30 tahun terakhir. Jika Anda memiliki anak kembar atau kelipatannya, maka Anda mungkin akan kewalahan. Namun, Anda perlu ingat bahwa kesehatan Anda dan bayi Anda  adalah prioritas utama.

ROLers, inilah 11 tips hamil anak kembar yang sehat, dilansir dari Fox News, Selasa (29/7).

8. Beli bantal kembar

Saat Anda berada di rumah sakit, berkonsultasilah dengan konsultas laktasi dan setiap orang yang mungkin sedang menunggui anggota keluarganya yang menjalani persalinan. Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menyusui bayi kembar. Nah, sebaiknya Anda memiliki bantal kembar untuk membuat pasokan susu Anda seimbang dan payudara Anda saat menyusui bayi kembar Anda tetap normal. Ini adalah fasilitas yang membuat Anda nyaman.

9. Rutinitas

Anda perlahan harus membiasakan bayi Anda mendapatkan jadwal makan dan tidur yang sama. Jadikan itu sebagai rutinitas sehingga itu akan membuat bayi Anda terbiasa dan teratur. Mereka biasanya akan bangun dan menyusui pada waktu-waktu yang sama, sehingga akan menjadi sinkron.

10. Atasi tantangan

Kemungkinan besar bayi-bayi kembar Anda akan mengalami masa tumbuh gigi dan sakit pada saat yang sama. Meskipun itu akan sangat sulit, ingatlah bahwa badai pasti berlalu. Anda harus mengatasi tantangan doubel itu sebagai orang tua. Jika Anda sudah terbiasa, maka itu akan menjadi lebih mudah.

11. Luangkan waktu untuk pasangan

Pasangan menikah yang memiliki anak kembar biasanya rentan stres dan sering terjadi cekcok kecil antara suami dan istri karena masalah mengurus anak. Luangkan waktu untuk pasangan Anda dan jangan lupakan seks sebagai prioritas setelah bayi kembar Anda semakin besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement