Selasa 15 Jul 2014 06:14 WIB

5 Cara Hidup Ramah Lingkungan

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Muhammad Hafil
Menu sehat
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menu sehat

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab manusia sebagai penduduk bumi. Namun gaya hidup yang semakin konsumtif justru membuat lingkungan rentan sakit. 

Kenyataannya, tidak semua gaya hidup ramah lingkungan bmudah untuk diadopsi. Serangkaian juklak (petunjuk pelaksaan) kerap membuat orang enggan mencoba gaya hidup ini. 

Padahal sedikit penyesuaian bisa sangat berarti untuk kesehatan bumi. Berikut beberapa tips mudah yang bisa diterapkan dikutip dari BBC.com, Selasa (15/7) :

 

1. Selektif pilih makanan

Tidak semua orang mampu jadi vegetarian. Namun sedikit mengurangi makan daging akan bagus untuk kesehatan Anda. Kenyataannya, karbon dan metane yang disumbang dari peternakan cukup banyak untuk mencemari udara. 

Cara lainnya, hanya makan produk lokal. Selain membantu petani, pengawet pada produk impor bisa menjadi mimpi buruk masa depan. 

 

2. Kurangi bawa kendaraan

Beruntunglah mereka yang tinggal di negara ramah transportasi umum. Namun jika tidak, upayakan menjaga stamina kendaraan Anda tetap prima. Mesin yang buruk hanya akan menambah polusi. 

Pilihan lain, gunakan sepeda atau jalan kaki untuk jarak dekat.

 

3. Hanya beli produk terbaik

Membatasi belanja bukan hanya menyelamatkan dompet Anda. Semakin banyak konsumsi, semakin banyak pula calon sampah yang ada. Kalau bisa pinjam, kenapa harus selalu beli?

 

4. Daur ulang

Jangan ragu untuk mendaur ulang barang-barang lama. Ribuan ide tersedia di internet dengan hanya butuk sekali "klik." 

 

5. Bijaksana merayakan sesuatu

Pasangan di Amerika setidaknya menghabiskan 20 ribu - 50 ribu dilar untuk sebuah pernikahan. Semakin mewah sebuah pesta, dipastikan semakin banyak sampah yang dihasilkan.Alternatifnya, buat pesta mungil yang dihadiri saudara dan sahabat terdekat. Sajian untuk para tamu diusahakan makanan lokal. Selain lebih murah, pesta ini lebih berkesan karena semua tamu mengenal Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement