Senin 07 Apr 2014 14:47 WIB

15 Fobia Paling Umum Dialami Manusia (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Phobia (ilustrasi)
Foto: www.steveseay.com
Phobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang memiliki semacam ketakutan, dan beberapa dia antaranya adalah ketakutan yang berbeda dari lainnya. Ini dikenal dengan istilah fobia. 

Berikut adalah 15 fobia umum yang paling banyak ditakuti oleh orang, dilansir dari Symptomfind, Senin (7/4).

6. Claustrophobia

Ini adalah ketakutan pada ruang sempit dan tertutup. Kebanyakan orang penderita fobia ini akan takut jika terjebak di lift, meskipun hal ini tidak akan selalu terjadi. Tingkat keparahan claustrophobia dapat bervariasi.

7. Coulrophobia

Ini adalah takut badut. Banyak orang yang mengalami fobia ini dimasa kanak-kanak, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Badut sering digambarkan di media sebagai sosok yang buruk. Misalnya, pembunuh berantai yang berpakaian badut, sehingga memicu fobia pada beberapa orang.

8. Pediophobia

Ini adalah fobia pada boneka. Boneka sering dianggap sebagai media yang digunakan oleh arwah orang lain yang sudah mati, sehingga menjadi akar dari banyak ketakutan para penderita pediophobia. 

9. Hemophobia

Ini adalah takut pada darah. Beberapa orang mengalami perasaan pusing, kepala berputar, dan pingsan ketika melihat darah, bahkan ketika melihat luka kecil. 

Asal usul dari ketakutan yang satu ini tidak jelas, namun mungkin karena terkait dengan ketakutan akan kematian.

10. Glossaphobia

Ini adalah salah satu fobia yang banyak dialami orang-orang, yaitu takut berbicara di depan umum. Fobia ini bisa terjadi dimasa anak-anak, dan diperkirakan 75 persen orang memiliki fobia ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement