Senin 20 Jan 2014 14:13 WIB

Ini Gejala-Gejala Kena Serangan Jantung

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endah Hapsari
Terkena serangan jantung (ilustrasi)
Foto: WHAT IS HEART ATTACK
Terkena serangan jantung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Keluhan-keluhan yang dirasakan oleh penderita dapat bervariasi di antaranya: Pertama, rasa tidak enak di dada yang menekan, 'rasa penuh', mencengkeram, nyeri atau agak panas selama dua menit atau lebih, rasa tertindih, biasanya terletak di tengah-tengah dada.

Kedua, Penjalaran rasa yang tidak enak tadi sampai ke bahu kiri [kadang-kadang kanan], leher, rahang bawah, lengan atas [kadang-kadang sampai ke lengan bawah sisi jari kelingking], ulu hati atau punggung. Ketiga, kepala terasa ringan, rasa lemas mau jatuh, berkeringat, mual, dan kadang-kadang sesak napas. Dapat juga berupa rasa sukar menelan, rasa 'masuk angin' atau berdebar-debar. 

Keempat, rasa cemas atau bingung, dengan ingat akan takdir seakan dunia mau kiamat, wajahnya pucat, kadang-kadang vertigo [pusing tujuh keliling], dan muntah. Kelima, rasa nyeri amat berat bahkann paling nyeri yang belum pernah ia rasakan sebelumnya atau amat ringan seperti sakit maag atau pencernaan terganggu. Rasa tidak enak ini biasanya terjadi di pagi hari/dini hari yang tidak hilang dengan istirahat. 

Semua tanda-tanda tersebut, kata Dokter Spesialis Jantung RS Pertamina Pusat dr Ermadji Prajitno, SpJ, tidak selalu ada. Seringkali yang muncul hanya beberapa tanda saja, tidak semuanya. Malahan ada yang cepat menghilang, menjadi normal kembali. Lagipula, sering terjadi penderita menyangkal mengalami keluhan atau gejala tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement