Rabu 30 Jun 2010 19:45 WIB

Takut harus Ditaklukkan, Bukan Dituruti

Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV--Mengapa orang kerap "latah" akan ketakutan pada sesuatu? Ketika kita melihat orang takut pada ular, maka rasa takut orang itu dicerna dan dipindai otak, kemudian menimbulkan rasa yang sama pada diri kita. Pilihannya hanya satu: kita menuruti rasa takut itu, atau melawannya.

Inilah strategi yang digunakan oleh Uri Nili dan Yadin Dudai, pakar syaraf dari Institut Weizmann di Rehovot, Israel. Melalui serangkaian penelitian, keduanya menyimpulkan keberanian tidak datang ketika kita benar-benar membuang rasa takut, tetapi dari bagaimana mengatasinya secara cukup untuk bertindak. "Seorang petugas pemadam kebakaran yang masuk ke gedung yang terbakar bukan karena mereka penuh keberanian, tapi karena mereka yang tidak kenal takut," kata Dudai.

Keduanya menyimpulkan, fobia bukan sesuatu yang bersifat permanen. Bila ada dorongan yang kuat dalam diri seseorang, maka fobia apapun akan bisa disingkirkan.

Para peneliti memeriksa aktivitas otak dari 39 orang dengan ketakutan luar biasa akan ular saat mereka berbaring telentang dengan pemindai otak MRI. Mereka diberi pilihan untuk memindahkan ular jagung sepanjang 1,5 meter dari mereka, atau membawa mereka lebih dekat, dalam jarak 20 cm.

Satu peserta panik sehingga mereka terpaksa mengundurkan diri dari penelitian ini, dan semua mengatakan bahwa mereka takut ketika mereka harus memilih cara untuk memindahkan ular. Semakin dekat ular itu, para relawan lebih takut lagi.

Namun, tubuh mereka menceritakan sebuah cerita yang berbeda. Dudai dan Nili mengukur perubahan kecil dalam keringat, secara tak terkendali dari gairah yang dihasilkan oleh rasa takut. Peserta setidaknya berkeringat ketika mereka menunjukkan keberanian.

Scan MRI menunjukkan bahwa banyak daerah otak menjadi aktif ketika para relawan harus memutuskan apakah akan memajukan ular atau memindahkannya jauh.

Daerah Aktif

Salah satu bidang yang sebelumnya dikaitkan dengan emosi, anterior korteks subgenual cingulate (sgACC), sangat aktif ketika peserta membawa ular lebih dekat, tapi tidak ketika mereka menyerah pada ketakutan mereka. Para peserta lebih takut mengatakan bahwa mereka merasa sebelum menarik ular lebih dekat, sgACCs mereka semakin sibuk itu.

"Jika Anda mengatur untuk menjaga aktivitas di daerah ini pada tingkat tinggi, Anda akan dapat mengatasi rasa takut," kata Nili.

Ia berspekulasi bahwa sgACC membantu menghalang respon fisiologis alami untuk rasa takut. Ketika sukarelawan memindahkan ular untuk menjauh, aktivitas rendah sgACC didampingi oleh peningkatan aktivitas di amygdalae, komponen dari otak terkait dengan rangsangan fisik yang menyertai rasa takut.

Para peneliti tidak mendeteksi sinyal-sinyal fMRI ketika mereka mengganti ular dengan boneka beruang, atau melakukan percobaan dengan pemilik ular dan orang lain yang tidak takut ular.

Daniela Schiller, seorang ilmuwan syaraf di New York University yang mempelajari takut dan memori, setuju bahwa berurusan dengan komponen takut adalah kunci untuk menaklukkan itu. "Anda perlu mematikan sistem ini untuk bertindak," katanya. Jadi taklukkan rasa takut, bukan menurutinya. Sanggup memulai?

sumber : New Scientist
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement