Sabtu 01 Sep 2012 07:32 WIB

Wahai Ibu Menyusui, Hindari Ini Demi Anak Anda

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
Ibu menyusui
Foto: Republika/Amin Madani
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, Saat menyusui, ada baiknya ibu memerhatikan seluruh asupan makanan dan minuman demi sang buah hati. Ini karena apa pun yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada produksi ASI (air susu ibu). Sebaiknya ibu menyusui menghindari berbagai makanan dan minuman yang diperkirakan bakal berbahaya untuk bayi.

Misalnya, bila ibu menyusui menenggak alkohol, zat berbahaya itu akan sampai juga ke mulut bayi lewat ASI dalam konsentrasi yang sama dengan alkohol yang terkandung dalam darah si ibu. Karena bayi sedang berada dalam tahap pertumbuhan, maka alkohol itu bisa memicu pelbagai masalah kesehatan bagi si bayi. Tak hanya itu, alkohol juga bisa mengurangi kemampuan si ibu dalam memproduksi ASI.

Kafein yang terkandung dalam kopi atau teh juga kurang begitu baik bagi bayi. Seperti alkohol, kafein juga masuk ke bayi lewat ASI. Dan bila itu terjadi, si bayi akan gampang marah, rewel dan susah tidur. Meski demikian bukan berarti ibu menyusui dilarang meminum kopi, teh. Satu atau dua kali sehari menikmati teh/kopi, masih bisa ditoleransi dan tidak berdampak buruk bagi bayi.

Selain alkohol dan kafein, susu sapi juga bisa menimbulkan masalah terutama bagi keluarga yang memiliki sejarah alergi terhadap susu sapi. Bila Anda berasal dari keluarga seperti ini, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi susu sapi. Gantilah susu sapi dengan susu kedelai. Ibu menyusui juga patut mengetahui bahwa ada beberapa bahan makanan seperti bawang putih, brokoli, buncis dan asparagus yang bisa mengubah rasa dan bau ASI (menjadi tidak enak bagi bayi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement