Rabu 08 Aug 2012 16:32 WIB

Hati-hati Pakai Suplemen Penambah Stamina, Ini Cara Memilih yang Pas

Rep: Syahruddin El Fikri / Red: Endah Hapsari
Suplemen/ilustrasi
Suplemen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, James Enoch, direktur PT Pacific Healthcare, produsen suplemen alami, penambah stamina pria merek Bluemoon, mengungkapkan banyak faktor yang menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga.‘’Salah satunya, karena suami tidak bisa memberikan pelayanan yang memuaskan pasangannya ketika berhubungan suami istri akibat menurunnya stamina dan gairah suami,’’ papar James.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya banyak pria yang mencari jalan pintas dengan mengonsumsi obat-obat tertentu agar stamina dan gairahnya makin meningkat. Jenis obat-obat ini banyak dijual di pinggir jalan yang belum tentu terdaftar di Badan POM, dan belum diketahui dampaknya apakah menyebabkan jantung berdebar- debar, dan sesak, atau tidak.

Karena adanya efek samping yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tersebut, banyak produsen suplemen yang kini menawarkan produk kesehatan penambah stamina pria dari berbagai ramuan herbal. Beberapa nama yang beredar di pasaran antara lain Bluemoon, Tripoten, Maca, Neo Hemaviton dan Zestos. Begitu juga dengan jamu tradisional seperti Esha, Sehat Lelaki, Sehat Kuat, Sehat Perkasa, Kuku Bima, Anggur. dan lainnya.

Suplemen-suplemen tersebut biasanya ditawarkan sebagai suplemen yang menggunakan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk memulihkan stamina pria. Bahan-bahan itu biasanya berupa ekstrak ginseng, ekstrak Damiana aphrodisiaca, dan ekstrak yohimbe. Produk suplemen tersebut biasanya juga mencantumkan dalam kemasannya bahwa mereka telah lulus uji klinis. Adakah efek samping? Menurut Sandy, hampir semua suplemen makanan penambah stamina pria memiliki efek samping, seperti gangguan tidur (insomnia), mual, dan lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement