Senin 06 Aug 2012 12:04 WIB

Hobi Tidur Tengkurap? Hati-hati Saja, karena...

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Posisi tidur menyamping lebih baik ketimbang tengkurap/ilustrasi
Foto: dok republika
Posisi tidur menyamping lebih baik ketimbang tengkurap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Posisi tidur ternyata turut berpengaruh pula terhadap pola tidur dan kesehatan. Menurut Deputy Executive Director, International Chiropractors Association (ICA), Arlington, Virginia, Ronald M. Hendrickson MSc.,MA posisi tidur yang tidak baik dan terlalu lama dilakukan akan menumpukkan masalah kesehatan dan akan berakibat fatal. 

 

Kesalahan posisi tidur akan menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan pusat saraf. Karena pusat saraf mengontrol pergerakan motorik dan sistem saraf,  pusat saraf harus dijaga agar tidak mengalami gangguan. 

Posisi tidur yang baik, menurut Direktur Professional Development and Special Projects, International Chiropractors Association (ICA), Arlington, Virginia, dr Coralee Van Egmond, adalah tidur menyamping baik sisi kanan ataupun sisi kiri.

Juga bisa tidur dengan posisi terlentang asalkan posisinya tegak lurus, jangan bengkok. Usahakan jangan tengkurap karena akan mengganggu pernapasan. "Idealnya selama tidur kita bernapas sebanyak 5.000 kali. Kalau tengkurap waktu bernapas akan berkurang," katanya.

Tidur yang baik tersebut, lanjut Coralee, akan memberikan manfaat ketahanan tubuh atau kesehatan menjadi baik, tidak mudah sakit, ingatan juga membaik, memperbaiki koordinasi refleks tubuh, mood dan persepsi akan positif, kapasitas intelektual meningkat, fleksibilitas fisik meningkat ,dan menambah energi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement