Senin 18 Jun 2012 12:40 WIB

Ingin Ibadah Senyum Tetap Indah? Hindari Makanan Ini

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Tersenyumlah
Foto: istockphoto
Tersenyumlah

REPUBLIKA.CO.ID, Senyum merupakan ibadah. Namun, bagaimana menjaga kesehatan gigi agar senyum tetap terlihat indah? Dokter Gigi dari Pusat Gigi Clear Brace, Middlesex, Dr. Graham Tinklermembagi berbagi tips mengenai makanan yang baik dan buruk untuk gigi.

Dr. Tinkler menuturkan, ada beberapa jenis makanan yang harus di hindari agar gigi tetap indah. Salah satu makanan yang harus dihindari adalah makanan manis. Namun, selama Anda rutin menyikat gigi maka kerusakan gigi dapat dihindari.

"Makan makanan manis secara teratur sepertinya harus dihindari, untuk menjaga gigi tetap sehat dan indah," Kata Dr. Tinkler.

Ia mengatakan, beberapa minuman bahkan dapat meninggalkan noda pada gigi jika dikonsumsi secara rutin. Minuman tersebut antara lain teh, kopi dan anggur merah. Untuknya pemutih gigi terkadang diperlukan, sebab umumnya seseorang sulit meninggalkan ketiga minuman tersebut.

Dr. Tinkler menambahkan, buah-buahan merupakan makanan terbaik untuk membuat gigi tetap indah. Akan tetapi tidak semua buah, salah satunya buah-buahan yang sangat asam. Seperti jeruk yang sangat asam, dapat membuat erosi gigi. Sehingga untuk mengkonsumsinya perlu diolah terlebih dahulu agar tidak terlalu asam.

Ia juga memperingatkan, agar tidak mengkonsumsi jus jeruk di pagi hari dan dilanjutkan dengan menggosok gigi. Sebab asam sitrat pada jus jeruk dapat melembutkan enamel gigi. Jika langsung menggosok gigi, akan membuat kuman-kuman justru semakin mudah masuk ke sela-sela gigi. Konsumsi makanan manis sebelum tidur pun menurut Dr. Tinkler sebaiknya dihindari.

Dr. Tinkler menyarankan untuk rutin mengkonsumsi permen karet bebas gula. Sebab permen karet bebas gula dapat melawan erosi gigi, dan menstimulasi produksi air liur yang baik untuk melindungi gigi. Banyak penelitian juga menyebutkan, jus cranberry bebas gula baik untuk mencegah penyakit gusi. Sebab ia mengandung kalsium dalam jumlah besar yang dapat mempertahankan struktur gigi

sumber : Female First
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement