Jumat 11 May 2012 23:03 WIB

Ini Dia Penyebab Penderita Kanker Paru-paru Terus Meningkat

Rokok, salah satu penyumbang tertinggi penyebab kematian. (ilustrasi)
Rokok, salah satu penyumbang tertinggi penyebab kematian. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Salah satu penyebab peningkatan jumlah kasus kanker paru-paru di Indonesia adalah sulitnya mendeteksi sel kanker pada stadium awal.

"Para penderita biasanya mulai mengeluhkan gejala- gejala kanker paru- paru pada stadium lanjutan, yaitu pada saat mereka mulai sesak napas dan batuk darah," kata ahli onkologi paru dan pernapasan dokter Elisna Syaruddin Sp.P(K), Jumat (11/5).

Dia menambahkan sel kanker paru- paru tidak seperti sel kanker lainnya, seperti sel kanker payudara dan mulut rahim atau serviks yang bisa dideteksi sejak stadium awal, sehingga risiko terjadi meningkat ke stadium lanjutan bisa diantisipasi.

"Sangat sulit mendeteksi sel kanker pada stadium awal karena biasanya masih tumbuh di luar sistem pernapasan atau perifer dan belum mengganggu saluran pernapasan," kata dia.

Menurut Elisna, faktor terbesar pemicu tumbuhnya sel kanker paru- paru adalah asap rokok. "Rata- rata penderita kanker paru-paru adalah perokok karena risikonya delapan kali lebih besar dari penderita yang bukan perokok," katanya.

Dia mengatakan setiap orang mempunyai risiko terkena kanker paru- paru, namun semua itu tergantung dari lingkungan dan gaya hidup si penderita.

"Walaupun penderita tidak merokok, jika dia terus- menerus menghirup asap rokok setiap hari atau sebagai perokok pasif, itu sangat berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement