Jumat 21 May 2010 09:02 WIB

Bom Kemo, Revolusi Baru Obat Kanker

Sel Kanker
Sel Kanker

REPUBLIKA.CO.ID,HILVERSUM--Sebuah revolusi di dunia pengobatan penyakit kanker mungkin akan terjadi. Para peneliti dari Erasmus Medisch Centrum di Rotterdam Belanda berhasil melakukan kemoterapi yang ditargetkan langsung pada tumor kanker.

Dengan metode ini pasien kanker tidak begitu merasakan efek ketimbang perawatan kemoterapi biasa. Hasil awal penelitian tersebut dipresentasikan hari Kamis dalam sebuah kongres di Rotterdam.

Obat baru kanker ini boleh dikatakan sebagai bom kemo. Materi-materi yang digunakan sebagai obat itu terdapat di bola-bola lemak yang ditempatkan di aliran darah dengan cara memanaskan tumor itu, sampai pada akhirnya bola-bola itu memecahkan diri.

Sebenarnya penelitian bom kemo semacam ini sudah sejak lama dilakukan secara internasional untuk terapi kanker. Namun sampai saat ini selalu saja ada masalah yang tidak dapat diatasi. Misalnya bola-bola lemak itu terlalu sedikit, atau bergerak terlalu lamban.

Bersama-sama peneliti dari Jerman dan Amerika Serikat para ilmuwan di Rotterdam mengembangkan metode baru ini. Dengan memanaskan tumor sampai 42 derajat Celsius bola-bola lemak itu akan memecahkan diri dengan tepat.

sumber : RNW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement