Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Monday, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 February 2019

Penuaan Kulit Dimulai Sejak Usia 25 Tahun

Rabu 15 Feb 2017 13:55 WIB

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani

Meski baru menginjak 20 tahun kulit harus dirawat agar menghindari penuaan dini.

Meski baru menginjak 20 tahun kulit harus dirawat agar menghindari penuaan dini.

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang beranggapan penuaan kulit baru terjadi setelah usia 30 tahun atau 40 tahun. Padahal proses penuaan kulit dimulai lebih awal.

"Proses penuaan kulit sudah dimulai semenjak usia 25 tahun," ujar ahli dermatologi Dr Eddy Karta, Selasa (14/2).

Ia juga mengungkapkan selain usia, ada beberapa faktor yang menyebabkan penuaan pada kulit. Sebut saja stres dan kurang tidur yang bisa menyebabkan wajah terlihat 2,5 tahun lebih tua. Stres melemahkan kolagen kulit hingga 70 persen dan meningkatkan resiko munculnya keriput pada kulit.

Faktor lainnya adalah melakukan kegiatan sepanjang hari. Studi menyebutkan, hal ini bisa menyebabkan kulit wajah tampak 2,6 tahun lebih tua dari usia kulit wajah sebenarnya. Lalu polusi udara yang bisa mengurangi elastisitas kulit hingga 20 persen.

Tak hanya udara, matahari juga menjadi penyebab nomor wahid penuaan kulit. Terpapar matahari selama empat jam dapat meningkatkan resiko timbulnya kerutan di kulit wajah dan mempercepat munculnya kekusaman hingga 20 persen.

"Sinar matahari membuat enzim memecah kolagen. Dia (kolagen) akan sembuh tapi enggak sempurna karena terpapar sinar UV lagi. Akhirnya terjadi luka di bawah kulit. Makanya kulit menjadi kasar," kata Eddy.

Hal lain penyebab kulit cepat menua adalah paparan asap ketika memasak. Studi menunjukkan paparan asap ini dapat menyebabkan kerutan terlihat 5-8 persen lebih nyata. Sementara itu, kebiasaan mengonsymsi makanan kurang sehat berkontribusi menyebabkan kulit wajah tampak 1,8 tahun lebih tua.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES