Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Milenial Cenderung Ganti Honeymoon dengan Many-Moon

Ahad 15 April 2018 13:14 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani

Bulan madu/ilustrasi

Bulan madu/ilustrasi

Foto: luxury-indiatours.com
Fenomena tersebut terjadi lantaran pengantin milenial punya kesibukan pekerjaan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Setelah mengucapkan janji suci pernikahan dan menggelar resepsi, pasangan pengantin baru umumnya melakukan honeymoon alias berbulan madu. Biasanya honeymoon berlangsung antara satu hingga dua pekan. Akan tetapi, tradisi honeymoon ini nampaknya mulai mengalami pergeseran di kalangan kaum milenial.

Alih-alih menikmati honeymoon, milenial kini lebih memilih many-moon. Artinya, mereka lebih menyukai liburan sebentar setelah menikah lalu dilanjutkan berlibur kembali saat akhir pekan atau hari libur nasional. Fenomena tersebut terjadi lantaran pengantin milenial punya kesibukan pekerjaan yang menumpuk.

Akhirnya, mereka memilih libur dalam waktu singkat. Selain itu, milenial punya jiwa petualangan yang tinggi. Berlibur di satu tempat dalam jangka waktu lama dianggap membosankan. "Mereka lebih memilih tinggal beberapa hari di Tulum kemudian berpindah menjelajahi Praha," demikian diungkapkan perencana pernikahan Amy Shey Jacobs kepada Yahoo Lifestyle.

"Many-moon yang terdiri atas liburan-liburan singkat memungkinkan pasangan mengeksplorasi banyak tempat," imbuh Jacobs. Berdasarkan Romance Travel Studi yang dilakukan The Knot, 82 persen pengantin baru berlibur selama dua hingga lima hari pascapernikahan. Setelah itu, mereka akan menyambungnya dengan liburan-liburan singkat ke berbagai tujuan wisata.

"Pasangan pengantin baru tidak bisa kabur dari kewajiban pekerjaan meskipun sebenarnya mereka ingin. Tekanan pekerjaan membuat honeymoon tradisional tidak berlaku lagi sekarang," terang Jacobs.

Hal serupa dilakukan oleh pasangan pengantin Juliette Scwab dan suaminya Brett Caspi. Keduanya menikah pada September 2017 tapi setelah menikah mereka tidak melanjutkan dengan liburan panjang untuk honeymoon.

"September adalah bulan yang sangat sibuk di kantor kami. Jadi daripada mengambil liburan panjang untuk berbulan madu kami memutuskan pergi ke Napa dan Sonoma di California selama sepekan saja," kata Juliette kepada Fox News. Setelah dari California, pasangan ini kemudian berturut-turut melancong ke London, Barcelona, dan Paris setiap tiba waktu libur.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES