Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Pekerjaan Ini Bisa Bawa Anda Keliling Dunia

Rabu 14 February 2018 11:02 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari

Bisa berkeliling dunia merupakan impian banyak orang.

Bisa berkeliling dunia merupakan impian banyak orang.

Foto: Republika/Prayogi
Keahlian tertentu membuat Anda bisa bekerja dari mana saja di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bepergian keliling dunia adalah mimpi bagi sebagian orang, namun biaya yang dibutuhkan cukup besar. Tak perlu risau karena ada sejumlah pekerjaan yang bisa menjadi tiket emas berkeliling dunia, bahkan sambil dibayar.

Mengajar bahasa Inggris

Anda yang jago bahasa Inggris bisa memanfaatkan kemampuan itu untuk berkeliling dunia. Sejumlah negara di Asia, Timur Tengah, dan Amerika Latin adalah lokasi potensial yang bisa disasar, tetapi jangan lupa persiapkan sertifikasi mengajar Teaching English as a Foreign Language (TEFL).

Riset buku panduan perjalanan

Menjadi periset dan penulis buku panduan perjalanan akan membawa Anda ke ratusan tempat untuk menjajal kuliner, hotel, dan mempelajari budaya lokal. Namun, beban pekerjaannya pun tidak ringan karena ada kewajiban memasukkan data dan tenggat waktu yang harus dipatuhi.

Koresponden media

Melamar pekerjaan sebagai koresponden media juga akan membawa Anda banyak melancong, terutama koresponden untuk rubrik wisata. Sejumlah media internasional membutuhkan orang-orang kredibel untuk posisi ini, di mana mereka diminta bepergian ke sejumlah destinasi wisata dan menuliskan ulasannya.

Blogger perjalanan

Menjadi blogger perjalanan profesional memang terkesan sebagai pekerjaan impian, tapi ada kerja keras di baliknya. Blogger harus bertahun-tahun membangun situs sebelum bisa menuai hasilnya. Ada jaringan yang perlu dibangun, sebelum impian keliling dunia sambil mendapatkan uang dari hasil tulisan bisa terwujud.

Menjadi au pair

Menjadi au pair atau pengasuh internasional di negara lain bisa menjadi cara menarik untuk melihat budaya baru sambil menghasilkan uang. Ada situs Au Pair World yang akan membantu mencocokkan orang yang ingin mendaftar menjadi pengasuh dengan keluarga yang membutuhkan jasa pengasuh.

Relawan PBB

Opsi ini bukan main-main karena PBB mensyaratkan komitmen 27 bulan tinggal di negara berkembang untuk mengajar bahasa Inggris, pencegahan penyakit, dan membangun infrastruktur. Pilihan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melancong ke belahan dunia lain sekaligus membuat dunia menjadi lebih baik.

Selain sejumlah pekerjaan yang telah disebutkan, Anda juga bisa memilih karier sebagai pramugari atau awak kabin dan pekerja kapal pesiar untuk berkeliling dunia. Opsi lain termasuk pemandu wisata, seleb Instagram, hingga pedagang ekspor impor, dikutip dari laman Independent.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES