Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Gaya Hunian Kaum Urban Masa Kini

Senin 11 December 2017 17:46 WIB

Red: Hiru Muhammad

Ilustrasi sky garden yang terdapat di apartemen The Conexio sebagai sarana sosialisasi penghuninya

Ilustrasi sky garden yang terdapat di apartemen The Conexio sebagai sarana sosialisasi penghuninya

Foto: dok. APP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kesibukan kaum urban yang menuntut mobilitas tinggi, membutuhkan sarana pendukung aktivitas yang cepat dan efisien. Konsep hunian yang dilengkapi sarana penunjang modern dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. 

Hunian modern yang dibutuhkan tidak hanya lokasi strategis, melainkan  fasilitas internal yang ada di dalam hunian tersebut. Seperti kamera pengawas atau CCTV yang terpasang di dalam rumah. Sehingga pemilik rumah dapat mengawasi huniannya selama 24 jam dari tempat kerjanya. Hal ini sangat membantu pemilik rumah terutama mereka yang memiliki anak kecil.  

Fasilitas itu merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai modern dynamic living. Konsep ini dapat dijumpai pada apartemen LRT Superblok The Conexio di Bekasi, Jawa Barat. "Fasilitas ini bisa dioperasikan melalui ponsel," kata Happy Murdianto, GM Corporate Sales and Marketing Adi Persada Properti, Ahad (10/12).

Hal itu akan memudahkan penghuninya untuk mengoperasikan perlengkapan elektronik yang ada di apartemennya. "Jadi seperti AC bisa dihidupkan saat kita masih di jalan, saat sudah sampai di apartemen, ruangan terasa sejuk," katanya. 

Setiap unit apartemen ini dilengkapi dengan balkon dan lift khusus penghuni yang hanya melayani di lantai tertentu sesuai tempat tinggal dan fasilitas publik. Hal ini dibutuhkan untuk menjaga privasi para penghuninya. Sehingga dari tempat parkir kendaraan mereka bisa langsung menuju kamar.  

Sebagai hunian vertikal yang memiliki keterbatasan lahan, pihak APP mensiasatinya dengan menyediakan fasilitas sky garden dan sky lounge yang ada di sejumlah lantai. Namun, dari total 3,05 hektar lahan yang tersedia, sekitar 50 persen disediakan untuk lahan penghijauan. 

Pengembang juga memiliki fasilitas air daur ulang yang dapat digunakan untuk membersihkan air di toilet. Penggunaan teknologi asal Jerman ini dibutuhkan guna menghemat penggunaan air bersih agar tetap ramah lingkungan. 

Apartemen yang dikembangkan APP ini memang membidik kaum urban modern sebagai pasar utama mereka. Para penghuni juga dimanjakan dengan tersedianya sarana transportasi Light Rail Transit (LRT) yang melayani rute koridor Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas. "Ini akan memudahkan penghuninya menjangkau kawasan pusat bisnis di Jakarta dalam waktu cepat dan hemat," kata  Wahyu Widodo, Project Manager Properti LRT Superblok The Conexio.  

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES