Jumat , 08 Desember 2017, 07:01 WIB

Cat Belmont Bidik Pasar Kelas Menengah ke Atas

Red: Dwi Murdaningsih
Yasin Habibi/ Republika
Owner Belmont Paint Suhandi Sutedja
Owner Belmont Paint Suhandi Sutedja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pemain baru dalam bisnis cat, Belmont Paint lebih memilih untuk membidik kelas premium dengan enawarkan harga cat yang terjangkau dengan kualitas terjamin mutunya.

''Belmont paint ini  konsepnya  produk ramah lingkungan dengan berbahan dasar air. Produk terbaru Belmont dengan merek All in One yang serba guna,'' kata Suhandi Sutedja, direktur Belmont Paint Indonesia di Jakarta.

Perusahaan yang mulai merintis usahanya pada 2012 itu mengandalkan empat jenis produknya, yaitu Belmont Metallic, Paint Protection, Natural Coat dan cat All in One. Suhandi menjelaskan, cat Belmont Metallic merupakan cat eksterior dan interior yang cukup dicampur dengan air, sehingga pengguna tidak perlu membeli  thinner.

Cat Metallic  ini biasa dipakai  untuk bangunan dari tembok, plafon gypsum, pagar besi ataupun benda lainnya dengan warna emas, tembaga, silver, putih mutiara dan warna lainnya  yang berjumlah 16 warna metallic. Menurutnya, cat jenis ini paling banyak digunakan untuk rumah klasik, rumah  ibadah seperti Wihara  dan kubah Masjid, yang tengah tren
menggunakan warna emas dan hijau Metallic. Bahkan, Suhandi pernah memiliki konsumen yang mengecat rumahnya dengan warna emas.

Selain itu, cat Metallic ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuat motif ditembok seperti wallpaper. Sebab jika hanya menggunakan wallpaper biasa, hanya bertahan dua sampai tiga tahun. Namun jika menggunakan cat ini, selama cat di temboknya bagus, maka akan tetap indah.

''Untuk panel warna dan color card kita bikin pakai warna aslinya,'' kata dia.

Sehingga menjadi panduan warna yang tepat. ungkapnya. Cat ini bisa diaplikasikan di kertas, styrofoam, gypsum, kayu, besi, tembok / beton  dan lain lain. Semua produk Belmont meski sudah diberi keterangan water base, masih ada konsumen yang salah kaprah. Mereka mengunakan thinner sebagai pengencernya.

Produk kedua dari Belmont adalah Paint Protection. Produk khusus untuk interior ini berfungsi untuk melindungi cat tembok, beton ekspos maupun lukisan ditembok di dalam rumah.

Paint protection ini biasa digunakkan  juga untuk tembok di tangga,  dapur, garasi,  ditembok minimalis, dan batu alam, bahkan di mall, Rumah sakit dan public area lainnya menggunakan Paint Protection untuk melindungi tembok dari kotor atau noda. Kalau kena kecap, sambal, soda atau noda karena tangan akan mudah dibersihkan. Saat tersiram air atau cairan maka air tersebut akan seperti air di daun talas.'

Ketiga, Belmont memproduksi cat Natural coat. Cat ini lebih mengedepankan gaya natural. Biasanya digunakan untuk batu dan kayu. Warnanya ada yang semi kilap dan doff. Tergantung dari selera.

Aplikasinya sangat mudah, objek yang ingin dihias cukup dikuas dan tidak menimbulkan brushmark dan merata. Keunggulan
dari produk ini pengencerannya sangat fleksibel. Bisa dicampur air 10 persen hingga 50 persen, bahkan 100 persen kalau tidak ingin terlalu pekat. ''Jadi fleksibel sekali,'' ujar Suhandi.

Terakhir, yang juga jadi andalan Belmont adalah cat All in one. Ia mengatakan, nama tersebut memang karena cat ini bisa untuk semua medan. Mulai dari atap rumah sampai ke bawah. Genteng pun bisa dicat, termasuk karpus, bagian ujung
atap, yang biasanya hanya disemen, sehingga mudah retak dan bocor karena tak dilindungi.

''Itu bisa juga untuk waterproof, buat eksterior juga bisa. Terus bisa buat dalam juga. Itu pun tidak perlu pakai cat dasar lagi,'' ungkapnya.

Belmont All in One memiliki koleksi 33 warna, dan mempunyai keunggulan tidak berbau dan cepat kering. Soal daya tahan, untuk cat ini bisa mencapai empat sampai lima tahun dalam kondisi ekstrim.

Mengenai harga, Suhandi mengklaim relatif murah dibanding kompetitor. Untuk metalic, ukuran 0,3 liter seharga Rp 70 ribu dan Rp 150 ribu untuk 0,9 liter. Untuk cat All in one, harganya Rp 45.500 untuk 1 kg, dan Rp 173.900 per gallon.

Sementara Paint protection harganya Rp 78.750 per liter. Tapi daya sebarnya 1 lapis sekitar 15-20 meter persegi. Dengan pengenceran  20 persen sehingga cukup ekonomis dan irit. Kalau untuk jenis natural coat, harganya di kisaran Rp 60 ribu per liter.

Untuk wilayah pemasaran,  Belmont merambah wilayah Jabotabek, Bandung, Cirebon, Padang, Medan, Batam, Lampung dan mulai masuk wilayah Jawa Tengah di akhir 2017. Tahun 2018 Belmont akan berekspansi ke Jawa Timur dan mulai ke pulau Kalimantan.

''Kita tidak mau sekaligus, karena kita berusaha untuk layanan yang terbaik,'' tuturnya. 

Lebih lanjut silakan kunjungi Www.belmont.co.id, atau nomor telpon : 021-40301027

adv

Berita Terkait