Monday, 7 Sya'ban 1439 / 23 April 2018

Monday, 7 Sya'ban 1439 / 23 April 2018

Dari Widyawati ke Raisa, Seleb Berwajah Paling Proporsional

Kamis 07 December 2017 09:35 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Penyanyi Raisa Andriana

Penyanyi Raisa Andriana

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak banyak yang mengetahui bahwa ada penjelasan ilmiah di balik wajah yang cantik. Wajah yang cantik umumnya memiliki proporsi ideal. Di Indonesia, ada sederet selebritas ternama yang memiliki wajah proporsional menurut ahli kecantikan.

"Kayak artis senior, Widyawati. Itu wajahnya proporsional menurut saya," ungkap dokter estetika dr Kevin A Maharis BMedSC MD DipDerm dalam Media Workshop Meet The Winner bersama Merz Aesthetics, di Jakarta.

Selain Widyawati, Kevin juga menilai aktris Dian Sastrowardoyo memiliki wajah yang proporsional. Selebritas lain yang dinilai Kevin memiliki wajah proporsional adalah penyanyi Raisa Andriana.

Kevin mengatakan Raisa tak hanya memiliki wajah yang sangat proporsional tetapi juga bentuk wajah oval. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Merz Aesthetics bersama para dokter kecantikan, wajah oval merupakan bentuk yang paling ideal untuk perempuan Asia.

"(Kecantikan) dengan kasat mata bisa kita lihat 'oh ini cantik'. Tapi kalau dihitung, itu ada nilai proporsi," jelas Kevin.

Secara umum, Kevin mengatakan penilaian proporsi wajah ditentukan oleh tiga kriteria. Kriteria yang pertama adalah golden ratio atau proporsi panjang dan lebar wajah. Rasio ideal untuk perbandingan panjang wajah dan lebar wajah adalah 1,618:1.

Kriteria kedua adalah proporsi horisontal wajah. Proporsi horisontal wajah dikatakan ideal jika perbandingan antara dahi ke alis, alis ke bagian bawah hidung dan bagian bawah hidung ke dagu memiliki rasio perbandingan yang sama.

Sedangkan kriteria yang ketiga adalah proporsi simetri wajah. Proporsi simetri wajah dapat dinilai dengan melihat posisi alis, pipi, tulang pipi, ukuran bibir, ukuran rahang dan bagian bawah dagu.

"Wajah simetri dianggap lebih menarik dibandingkan asimetri," terang kevin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES