Kamis , 12 October 2017, 05:31 WIB

Mempercantik Dapur dengan Pernak-Pernik Klasik

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Retno Wulandhari
Sejumlah koleksi unik yang dipamerkan di ajang Crafina 2017 di JCC.
Sejumlah koleksi unik yang dipamerkan di ajang Crafina 2017 di JCC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda seorang pecinta barang-barang antik? Di ajang Crafina 2017 yang diselenggarakan di JCC, Senayan, Jakarta, Anda bisa menemukan produk dekorasi klasik yang bisa menambah koleksi barang antik Anda.

Di stan Wastraloka milik Eni Anjayani, pernak pernik dapur klasik disulap menjadi produk kerajinan cantik. Misalnya sejumlah peralatan makan seperti teko, cangkir, piring, rantang, wadah kerupuk, nampan yang terbuat dari kaleng tidak lagi hanya jadi koleksi semata tetapi juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan untuk memperindah area dapur.

Jika biasanya sejumlah perkakas ini dijual dengan mempertahankan warna aslinya, Eni justru memberikannya sentuhan seni yaitu mempercantiknya dengan polesan lukisan akrilik. Di galeri yang berlokasi di Yogyakarta, perkakas dapur ini dilukis dengan berbagai motif menarik mulai dari motif batik hingga variasi motif ayam.

Pada salah satu teko misalnya, Eni mengaplikasikan lukisan motif batik mega mendung dengan paduan warna merah dan biru. Lukisan tersebut memberi keunikan tersendiri pada teko dan jauh dari kesan kaku dan monoton. Selain cantik dan klasik, perkakas dapur ini tentunya juga masih memiliki nilai fungsional.

Tidak hanya perkakas dapur, lukisan akrilik juga menghiasi sejumlah barang-barang lainnya seperti pot bunga dan juga kotak surat di depan rumah. Untuk urusan harga, sentuhan seni ini tentunya membuat perkakas klasik ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Perkakas dapur dengan motif unik dari batik ini dijual mulai dari harga 100 ribu rupiah sampai 600 ribu rupiah. Satu set teko lengkap dengan empat cangkirnya, dibanderol dengan harga 450 ribu rupiah. Ada pula kaleng kerupuk ukuran besar dijual dengan harga 600 ribu rupiah.

Bagi Anda yang memiliki permintaan motif khusus, Eni juga menyediakan pembelian melalui pesanan. Untuk Anda pecinta barang antik, tidak ada salahnya mengunjungi Crafina 2017. Pameran ini akan berlangsung selama lima hari tanggal 11-15 Oktober 2017.