Ahad , 13 Agustus 2017, 09:10 WIB

Kang Abik Ikut Lomba Karaoke Kemerdekaan

Red: Irwan Kelana
Dok Kang Abik
Penampilan Kang Abik beserta istri dan anak-anaknya dalam Lomba Karaoke Kemerdekaan di Kampung Candiwesi,  Kota Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu malam (12/8).
Penampilan Kang Abik beserta istri dan anak-anaknya dalam Lomba Karaoke Kemerdekaan di Kampung Candiwesi, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu malam (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SALATIGA --  Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia selalu menyedot perhatian anak bangsa. Tak terkecuali sastrawan kenamaan Indonesia, Habiburrahman El  Shirazy atau akrab dipanggil Kang Abik.

Demi ikut memeriahkan HUT RI ke-72, Kang Abik sampai turun tangan langsung, ikut Lomba Karaoke Kemerdekaan yang diadakan di kampungnya, yaitu kampung Candiwesi, Bugel, Kota  Salatiga, Jawa Tengah.

Lomba karaoke itu diadakan Sabtu malam (12/8). Panggung Lomba Karaoke Kemerdekaan digelar di halaman SDN Bugel I.

Kang Abik tampil dengan penuh totalitas. Ia tidak tampil sendirian, tapi ia mengajak serta istri dan anak-anaknya untuk tampil.

Lomba Karaoke Kemerdekaan diikuti puluhan peserta. Ketua Panitia Lomba, Aunul Huri, menjelaskan, tujuan utama lomba ini adalah bentuk manifestasi rasa syukur kepada Allah atas nikmat kemerdekaan. Kemudian, lomba ini untuk mempererat tali persaudaraan seluruh warga.

“Tua muda, semua membaur jadi satu dalam ikatan emosional kebangsaan. Itu pesta rakyat, semua harus merasakan gelora nasionalisme. Tokoh nasional sekelas Habiburrahman El Shirazy sampai ikut lomba karaoke kemerdekaan tingkat kampung. Ini luar biasa," ujar Aunul Huri, Sabtu (12/8).

Aunul Huri juga menjelaskan, peserta tidak dibatasi umur, mulai kanak-kanak sampai nenek-nenek boleh ikut. “Lagunya bawa sendiri. Bebas. Yang penting isinya baik dan sopan,” tuturnya.

Uniknya karena peserta beragam dan tidak bisa distandarisasikan, maka para juri sepakat semua peserta telah tampil luar biasa, dan pemenangnya akan diundi pada malam Tikarakatan 17 Agustus.

Kang Abik dan keluarga dalam lomba itu membawakan lagu berjudul "Alhamdulillah" yang dipopulerkan oleh Opick.

"Saya pilih lagu ini, karena dalam lagu ini penghayatan agama dan nasionalisme melebur jadi satu. Lagu ini mengajak bersyukur sepanjang waktu, termasuk mensyukuri nikmat kemerdekaan. Di dalam lagu ini juga ada ajakan menghayati indahnya persaudaraan. Dalam nikmat persaudaraan hilang semua perbedaan. Dalam konteks kebangsaan itulah persatuan Indonesia,” tutur penulis novel-novel best seller, seperti Ayat Ayat Cinta 1 dan 2, Ketika Cinta Bertasbih 1 dan 2, Dalam Mihrab Cinta, Bumi Cinta, Cinta Suci Zahrana, dan Bidadari Bermata Bening.

Selain lagu "Alhamdulillah" yang dibawakan Kang Abik, lagu-lagu lain yang dibawakan peserta lomba malam itu antara lain : "Tuhanku Allah, Agamaku Islam", "Pelangi-pelangi", "Ayo Sholat Berjamaah", "Kisah-kasih di Sekolah", "Hanya Satu", "Indonesia Tanah Air Beta", dan lain sebagainya