Selasa , 18 July 2017, 02:30 WIB

Pesta Belanja Berskala Nasional Segera Digelar Agustus

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika / Darmawan
 Sejumlah warga memilih berbagai baju yang didiskon di area Pekan Raya Jakarta (PRJ), Selasa (13/6).
Sejumlah warga memilih berbagai baju yang didiskon di area Pekan Raya Jakarta (PRJ), Selasa (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesta belanja berskala nasional, yaitu Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia, akan segera digelar mulai 17-20 Agustus mendatang. Ini digelar sebagai bentuk hadiah dari pengusaha pusat perbelanjaan pada masyarakat Indonesia di bulan kemerdekaan.

Ketua Umum himpunan penyewa pusat perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budiharjo Iduansjah mengatakan, HBD Indonesia akan digelar di berbagai kota di Indonesia, mulai dari mal modern, ruko hingga stasiun dan bandara. Ada 200 perusahaan yang mengelola lebih dari 500 merek ternama, baik lokal maupun internasional, yang akan berpartisipasi. Selain peritel besar, HBD Indonesia juga akan melibatkan sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka semua akan memberikan diskon besar-besaran selama pesta belanja akbar tersebut.

Budiharjo berharap HBD Indonesia dapat menjadi tren belanja baru di bulan Agustus. Sebab, biasanya ada tren penurunan belanja konsumen di pertengahan tahun, khususnya setelah Hari Raya Idul Fitri dan saat periode tahun ajaran baru di sekolah.

"Kami harap acara ini dapat meningkatkan kembali daya beli masyarakat dan pada akhirnya akan mendorong peningkatan perekonomian secara keseluruhan," ujarnya, dalam konferensi pers HBD Indonesia di Auditorium Kementerian Perdagangan, Senin (17/7).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia HBD Indonesia Fetty Kwartati mengatakan, acara ini ditargetkan dapat menjadi ikon pesta belanja baru di Indonesia. Sebab, saat ini pesta belanja baru ada di Jakarta dengan Festival Jakarta Great Sale. Sementara, di Amerika Serikat ada festival belanja tahunan seperti Black Friday, yakni hari diskon besar-besaran yang diselenggarakan setiap momen Thanksgiving. Kemudian, ada pula Boxing Day, yakni hari diskon besar-besaran yang jatuh satu hari setelah Natal di Inggris, Kanada, Australia dan sejumlah negara lainnya.