Senin , 17 July 2017, 03:06 WIB

Ingin Percaya Diri? Coba Kenakan Pakaian Berwarna Merah

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Rakhmawaty La'lang
Memakai pakaian berwarna merah bagi kaum wanita rupanya mampu memunculkan perasaan percaya diri yang tinggi.
Memakai pakaian berwarna merah bagi kaum wanita rupanya mampu memunculkan perasaan percaya diri yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang pakaian yang dikenakan saat beraktivitas tak mempengaruhi kualitas seseorang ? Nyatanya warna pakaian yang dipilih pun bisa memberikan efek yang berbeda.

Seperti dilansir dari laman Medical Daily, memakai pakaian berwarna merah bagi kaum wanita rupanya mampu memunculkan perasaan percaya diri yang tinggi. Bahkan, tampak terlihat lebih seksi.

Dalam studi yang dipublikasikan di European Journal of Social Psychology, sejumlah peneliti Jerman yang mengatakan, jika seorang wanita mengenakan pakaian berwarna merah, maka akan dengan mudah memunculkan percaya diri yang tinggi dan daya tarik yang luar biasa dibandingkan mereka yang memakai warna biru.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi diri efek merah dimediasi oleh penerimaan seksual individu yang dirasakan sendiri dan status yang dirasakan sendiri," tulis para peneliti Anne Berthold, penulis studi dari Universitas Zurich.

Untuk membuktikan penelitiannya, Berthold dan rekan-rekannya mengajak peserta mengenakan kaos merah dan biru. Mereka lantas ditempatkan di bilik yang dilengkapi dengan cermin.

Setelah dilakukan percobaan, didapati peserta menganggap dirinya lebih atraktif saat mengenakan warna merah dibanding memakai warna biru. "Kami menemukan bahwa orang bisa merasa lebih menarik saat memakai baju merah," kata Berthold.

Namun, dirinya mengingatkan, efek merah tidak selamanya menguntungkan semua orang.