Ahad , 16 July 2017, 02:29 WIB

Ternyata Ini Fungsi Lubang Kecil Dekat Kamera IPhone

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Israr Itah
Ubergizmo
Iphone 8. Ilustrasi
Iphone 8. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa perangkat iPhone yang mereka gunakan memiliki lubang yang terletak di samping lensa kamera belakang. Bagian ini sangat mudah dilewatkan karena ukurannya kecil dan tidak mencolok sehingga Anda tidak bertanya-tanya mengenai fungsinya.

Padahal, perannya amat penting sebab lubang itu adalah salah satu dari tiga mikrofon yang ada pada perangkat. Dua mikrofon lain tersembunyi di bawah speaker grill di bagian depan, dan satu lagi terletak di tepi bawah ponsel.

Konfigurasi mikrofon triple telah diperkenalkan Apple sejak seri iPhone 5 yang diluncurkan pada 2012 silam. Lubang mikrofon ketiga ini berfungsi untuk membantu ponsel menangkap semua suara di sekitar pengguna secara alami ketika ponsel digenggam dalam posisi apa pun.

Lubang mikrofon tersebut juga membantu pengenalan suara, yang semakin penting seiring meningkatnya popularitas asisten virtual seperti Siri dan Google Assistant. Jika ragu pada kinerjanya, Apple telah menjelaskan cara agar pengguna bisa menguji mikrofon pada handset.

Untuk menguji mikrofon utama di bagian bawah iPhone, pengguna cukup membuka memo suara dan mengetuk ikon rekaman. Kemudian, pengguna diminta berbicara lewat mikrofon itu dan memastikan suaranya jelas dengan memutar ulang rekaman. 

Jika suara terdengar samar saat menggunakan speakerphone pada panggilan telepon, pastikan penerima suara iPhone tidak terblokir. Begitu pula jika suara rekaman video terdengar samar atau Siri tidak berfungsi, pastikan mikrofon di dekat kamera iSight, sudut belakang iPhone, dan receiver tidak dalam posisi tertutup, dilansir dari laman Independent.